Truk Water Cannon DWC6500 Kendaraan Taktis Serbaguna Andalan Polri

Inilah truk yang paling dibenci oleh demonstran. Kendaraan taktis (rantis) ini memang jadi andalan Polri untuk menghadapi demonstran yang anarkis. Kendaraan mirip sering difungsikan jadi satuan kavaleri oleh Polri.

Kendaraan produksi Daejicar (Daeji P&I) Korea Selatan ini sering berada dalam garis terdepan menghadapi demonstran dan memiliki banyak fungsi.

Kendaraan ini memiliki body lapis baja, mampu menahan terjangan proyektil dan ban-nya sudah mengadopsi runflat tire yang anti ranjau.

Populasinya juga cukup banyak karena kendaraan ada di tiap Polda dan Polres seluruh Indonesia.

Selain pengendalian massa, Polri juga sering menggunakan kendaraan ini untuk menyalurkan air pada daerah kekeringan ketika musim kemarau. Karena truk water cannon DWC6500 ini sanggup membawa 6.500 liter air sekali jalan.

Ketika aksi massa umat Islam 2 Desember 2016. Polri yang awalnya menggunakan truk ini dengan tujuan antisipasi tindakan anarkis, akhirnya membuka keran airnya untuk digunakan air wudlu.

Truk yang berpenggerak 4×2 ini dilengkapi sejumlah fitur canggih, untuk menembakkan air bertekanan tinggi  melaluo dua kanon air diatas kompartemen kemudi, untuk pengendalian kanon menggunakan joystick dan monitor. 


Operator mengandalkan input dari front zoom camera dan cannon camera. Tidak hanya bagian depan saja yang termonitoir, di bagian belakang kendaraan juga dilengkapi kamera intai. Untuk misi rekam kejadian di lokasi, tidak lupa terdapat DVR system dan 4 channel monitor.
Punya prinsip mirip dengan truk pemadam kebakaran, DWC6500 juga dibekali self priming cenftifugal pump, auxiliary engine dan hydrant connector. Setelah massa yang rusuh dapat dipukul mundur, rantis ini juga dapat membersihkan permukaan jalan dengan lateral nozzle dan water sprinkle.

Baca Juga:  Dua Personel Brimob Terluka Diserang OPM

Rantis diawaki oleh 5 personel, yakni pengemudi, navigator, dan tiga operator water cannon. Konfigurasi penempatan awak dibagi ke dalam double cabin yang tahan terjangan peluru. Dapur pacunya menggunakan mesin diesel Deewoo 340HP. Ukuran ban (runflat tire) 12R22.5-16PR. Mau tahu kemampuan mesin pompa di truk water cannon ini? Dengan basis mesin D4DA, truk ini dapat menyedot 2.200 liter per menitnya. Selain dioperasikan Satuan Sabhara, Korps Brimob diketahui juga menggunakan water cannon ini.

Sumber : indomiliter.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan