Trump Ingin Gelar Parade Militer di Washington

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan pejabat Pentagon dan Gedung Putih untuk mulai merencanakan parade militer di Washington. Trump terinspirasi dari parade Hari Bastille yang dihelat di Paris, Prancis, pada bulan Juli.

Seperti dilaporkan Washington Post, yang mengutip seorang pejabat militer yang tidak mau disebut namanya, Trump mengutarakan keinginannya itu dalam sebuah pertemuan di Pentagon pada 18 Januari lalu. Pertemuan itu turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford

“Perintah parade itu adalah: Saya menginginkan sebuah parade seperti yang ada di Prancis,” kata pejabat militer tersebut, menurut Washington Post.

“Perintah ini sedang bekerja di tingkat tertinggi militer,” tambah pejabat tersebut yang dinukil Reuters dari Washington Post, Rabu (7/2/2018).

Setelah Washington Post menerbitkan laporan itu, Gedung Putih mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Trump telah meminta Departemen Pertahanan untuk mengeksplorasi sebuah perayaan di mana semua orang Amerika dapat menunjukkan penghargaan mereka.

“Seorang pejabat Gedung Putih, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa perencanaan parade tersebut berada dalam tahap ‘brainstorming’ dan tidak ada yang diputuskan,” Washington Post melaporkan.

Pentagon menyadari sebuah permintaan untuk sebuah parade namun baru mulai mengeksplorasi kemungkinan, termasuk waktu, kata seorang juru bicara Pentagon kepada Reuters.


Trump mengatakan bahwa dia terkesan dengan parade militer yang dia amati di Paris pada tanggal 14 Juli. AS dan tentara Prancis berbaris bersama untuk menandai 100 tahun sejak Amerika Serikat memasuki Perang Dunia Pertama dan hari Bastille menjadi hari libur tahunan di Prancis. Parade militer ini termasuk tank, kendaraan lapis baja dan atraksi udara dari jet militer AS dan Prancis.

Baca Juga:  Vladimir Putin Jadi Presiden Rusia Lagi Tanpa Partai

“Untuk sebagian besar karena apa yang saya saksikan, kami mungkin melakukan hal seperti itu pada tanggal 4 Juli di Washington di Pennsylvania Avenue,” kata Trump kepada wartawan pada bulan September.

“Kami benar-benar harus mempertimbangkannya,” tukasnya.


Ibu kota AS telah mengadakan pertunjukan militer besar untuk menandai peristiwa penting, termasuk kemenangan dalam perang, namun parade tank dan pasukan di Pennsylvania Avenue tidak biasanya dilakukan pada hari Hari Kemerdekaan AS. (
sindonews)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan