Tunggu F-35, Singapura Upgrade F-16 Jadi Viper

Untuk menjaga superioritas kekuatan udaranya, Singapura akan melakukan upgrade 60 unit jet tempur multiperan F 16 Block 52+ menjadi setara F-16 Viper.
Kebijakan ini diambul sambil untuk menunggu kedatangan F-35.

Menurut KSAU Singapura Mayjen Kelvin Khong pekerjaan Upgrade akan dilakukan di Singpura dengan Supervisor langsung dari Lockheed Martin.

Pihak AS telah menyetujui paket peningkatan kemampuan armada F 16 AU Singapura sejak tahun 2014 lalu.

Peningkatan senilai 2,43 Miliar USD ini meliputi pemasangan radar AESA AN/APG 83, peningkatan Komputer Misi, pemasangan Helmet Mounted Sight (HMS) serta integrasi berbagai persenjataan baru seperti GBU 38 Joint Direct Attack Munition (JDAM), GBU 40/50 Enhanced Paveway II, dan CBU 105 Sensor Fuzed Weapon.

Paket upgrade juga mencakup integrasi rudal udara ke udara jarak pendek AIM 9x Sidewinder serta Joint Helmet Mounted Cueing System (JHMCS) untuk menggantikan helm DASH (Display And Sight Helmet) lansiran Elbit Israel yang saat ini digunakan oleh armada F 16. Penggunaan AIM 9x Sidewinder juga meningkatkan kompabilitas dengan armada F 15SG yang sudah terlebih dahulu menggunakannya.

Singapura adalah salah satu dari tiga negara Asia yang melakukan upgrade armada eksistingnya menjadi standar Viper, dua negara lainnya adalah Taiwan dan Korea Selatan.

Baca Juga:  TNI AL dan AL Jepang Agendakan Latihan Bersama

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan