Turki Akan Melengkapi Kapal Perang Dengan Sistem Peluncuran Vertikal Omestik: Erdogan

Turki telah memproduksi sistem peluncuran vertikal (VLS) di dalam negeri untuk platform angkatan laut yang akan menggantikan dan diperoleh dari luar negeri sementara sistem tersebut juga akan melengkapi kapal perang yang akan dibangun dalam waktu dekat, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Jumat.

“Sampai sekarang, kami telah mengalihdayakan VLS, yang merupakan kelompok senjata utama frigat kami. Sekarang sudah ada produksi nasional dan lokal,” kata Presiden.

Erdogan berbicara selama upacara pengiriman kapal pengumpul intelijen pertama negara itu di Galangan Kapal Istanbul.

Ditetapkan sebagai kapal uji dan pelatihan, TCG Ufuk (A-591) juga dikembangkan dan dibangun dengan sumber daya dan kemampuan nasional dan dikirim pada hari Jumat ke Organisasi Intelijen Nasional (MIT) untuk operasi bersama dengan Komando Angkatan Laut.

Erdogan, berbicara lebih lanjut tentang VLS domestik, mengatakan akan melengkapi Frigate Istanbul, kapal kelima yang dibangun di bawah proyek MILGEM (Kapal Nasional) dan diluncurkan tahun lalu.

Di bawah MILGEM, galangan kapal Turki telah mengirimkan empat korvet ke angkatan laut sejauh ini sementara juga membangun kapal perang untuk negara-negara sahabat dan sekutu, yaitu Pakistan dan Ukraina.

Negara tersebut baru-baru ini meluncurkan tender untuk tiga korvet MILGEM baru yang akan dibangun di bawah kerjasama publik-swasta. Ketiga korvet itu juga akan dilengkapi dengan VLS domestik, kata Erdogan.

Baca Juga:  Pasukan Reaksi Cepat NATO Dikerahkan Ke Rumania

“Kami sekarang merancang dan memproduksi banyak senjata, sensor, radar, sistem manajemen di dalam negeri, seperti rudal anti-kapal Atmaca kami atau sistem senjata jarak dekat (CIWS) Gökdeniz,” katanya.

Bergantung pada pengadaan VLS di luar negeri, Turki ditetapkan untuk membeli MK41 VLS dari Amerika Serikat untuk Frigate Istanbul tetapi ini berubah karena embargo AS yang mencegah pembelian, mempercepat upaya domestik untuk mengembangkan sistem semacam itu di dalam negeri.

Ankara bertujuan untuk sepenuhnya independen dalam sistem kritis dalam industri pertahanan, didorong oleh beberapa embargo resmi atau tidak resmi dan pembatasan penjualan yang dialami dalam sejarah negara baru-baru ini dan industri angkatan laut adalah salah satu cabang utama yang maju sebagai langkah yang diambil telah mengembangkan angkatan laut dengan pesat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan