Turki Akan Pilih Su-35 atau Su-57 Jika Pembelian F-16 Ditolak Amerika

Nasib Turki untuk mendapatkan pesawat tempur buatan Amerika Serikat (AS) masih terkatung-katung. Setelah jatah F-35 Negara Ustmani itu tidak dikirim oleh AS, mereka sebenarnya cuma minta ganti rugi dengan diizinkan membeli F-16 namun sepertinya juga akan ditolak oleh Washington.

Sebagai alternatif, Rusia telah menawarkan pesawat tempur terbaru buatan mereka yaitu Su-35 dan Su-57. Tawaran lama ini akan dijadikan jalan alternatif bagi Turki.

“Jika Amerika Serikat tidak menyetujui kesepakatan pada F-16 setelah situasi dengan pesawat F-35 gagal, tidak ada alternatif yang tersisa untuk Turki. Harapan untuk pesawat tempur Su-35 dan Su-57 dapat muncul lagi kapan saja, ” kata Ismail Demir, Kepala Industri Pertahanan Turki melaui saluran televisi NTV .

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada 17 Oktober bahwa Amerika Serikat mungkin bisa menjual pesawat tempur F-16 ke Turki setelah keputusannya untuk mengecualikan Ankara dari program pengembangan pesawat tempur generasi kelima F-35, menyusul pembelian sistem rudal pertahanan S-400 Rusia oleh Ankara.

Baca Juga:  Malaysia Akan Dapat Support Teknik F/A-18 Support Hornet

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan