Turki Bantah F-16 Miliknya Menembak Jatuh Su-25 Armenia

Pesawat tempur F-16 Turki telah menembak jatuh Su-25 Angkatan Udara Armenia, Yerevan mengumumkan, tragedi ini terjadi pada hari ketiga setelah konflik militer antara Armenia dan negara tetangganya Azerbaijan meletus atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Pejabat di Yerevan mengatakan insiden itu terjadi di wilayah udara Armenia dan pilot Su-25 dikatakan tewas, serangan itu terjadi beberapa jam setelah Ankara mengatakan bahwa hal itu akan membantu Azerbaijan mengusir “Agresi Armenia”.

Armenia sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menggunakan rudal balistik Iskander buatan Rusia di wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan jika Turki menyebarkan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat untuk mendukung Azerbaijan.

Seorang juru bicara presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membantah klaim Yerevan kepada Bloomberg, Kementerian pertahanan Azerbaijan juga membantah bahwa jet F-16 Turki telah menembak jatuh sebuah pesawat Armenia.

Juga pada hari Senin, pemimpin wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan, Arayik Harutyunyan, menuduh pasukan lokal telah menembak jatuh apa yang dia sebut sebagai F-16 Turki, Vagif Dargyahly, juru bicara Kementerian Pertahanan Azerbaijan menolak klaimnya, menggambarkannya sebagai “Provokatif”.

Sumber: rt.com

Baca Juga:  Sniper Pasukan Khusus Inggris SAS Bunuh Petinggi ISIS dari Jarak 1,6KM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan