Turki Borong 36 Unit Su-35 Buat Gantikan 100 Unit F-35 Yang Gak Jadi Dikirim Amerika

Sebelum ketegangan antara AS-Turki memuncak terkait pembelian sistem hanud S 400 Presiden Turki Recep Tayip Erdogan mengatakan “seandainya saja AS menahan F 35 pesanan Turki, kami segera akan mencari gantinya ke Rusia” dan diberitakan oleh Ahval (27/10/2019) dalam beberapa hari kedepan Turki akan mencapai kesepakatan untuk pembelian jet tempur Su 35 daru Rusia.

Menurut pejabat pertahanan Turki negerinya akan mendapatkan 36 unit jet tempur superioritas udara Su 35 beserta transfer of technology (ToT) yaitu produksi beberapa komponen Su 35. Pembelian Su 35 ini merupakan alternatif dari 100 unit F 35 yang sudah dihentikan pasokannya oleh AS, selain itu Turki juga dikeluarkan dari program Joint Strike Fighter (JSF) yang merupakan nama resmi dari F35.

Namun menurut Aaron Stein seorang peneliti senior Atlantic Council Washington Turki setidaknya tertarik untuk mendatangkan 54 unit jet tempur Su 35 untuk menggantikan jumlah F 35 yang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya

Pemberitaan sebelumnya pada ajang pameran pertahanan MAKS 2019 di Moskow, Presiden Erdogan yang berkunjung ke pameran tersebut merasa terkesan dengan kemampuan Su 57 dan berencana untuk juga membeli Su 57 dan Su 35 sekaligus.

Sumber: Ahvalnews/Sputnik

Baca Juga:  Meski Dikecam, Inggris Tetap Jual 48 Jet Tempur Eurofighter Typhoon ke Arab Saudi

4 Komentar

  1. Amerika sebelum nya sudah gigit jari terkait pembelian s 400 dan kini harus gigit tangan bukan lagi jari jari terkait pembelian sukhoi 35 oleh turki.pelajaran buat indonesia,jangan takut di embargo demi harga diri bangsa.istilahnya banyak jalan menuju roma.

  2. Pelajaran buat indonesia beli viver buat mulusin f16

    Kalo bisa utang ama sekutu ditekan sampai dengan 75% begitu juga investasi tanam sesusuai keperluan pma nya jangan dibebasin akhirnya gini mentok di valas takut diacak acak

Tinggalkan Balasan