Turki Dan Pakistan Kerjasama Bikin Satelit Luar Angkasa

Turkish Aerospace Industries (TAI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Komisi Penelitian Luar Angkasa dan Atmosfer Pakistan (SUPARCO) pada hari Rabu untuk mengembangkan proyek luar angkasa dan satelit.

Raksasa pertahanan Turki TAI dan SUPARCO akan melakukan studi bersama tentang satelit komunikasi listrik dan proyek luar angkasa lainnya dalam lingkup perjanjian.

“Kami telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan SUPARCO untuk mengembangkan proyek satelit. Kami berharap keberuntungan untuk kedua negara,” kata TAI dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Pada Desember 2019, TAI membuka kantor pertamanya di Pakistan di Taman Sains dan Teknologi Nasional negara itu.

Berbicara pada Pekan Teknologi Satelit yang diadakan pada bulan Desember, CEO TAI Temel Kotil mengatakan bahwa mereka sedang mencari pelanggan baru untuk satelit SmallGEO, sebuah platform satelit telekomunikasi yang bekerja dengan sistem propulsi listrik.

“Sepertinya kami menemukan pelanggan, tetapi kami tidak membagikannya karena belum final. Jika ya, kami akan membangun tiga satelit lagi. Pelanggan keempat juga muncul. Ketika ini selesai, kami akan mencapai total lima satelit, ”kata Kotil, menambahkan bahwa jika TAI membuat satelit ini dalam tiga atau empat tahun, Turki akan dapat mencapai angka yang baik dalam ekspor satelit.

Turki menandatangani kesepakatan ekspor satelit pertamanya dengan perusahaan Argentina pada Agustus di Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF) yang diadakan di Istanbul.

Baca Juga:  Rusia Tolak Niat Iran Yang Mau Beli Rudal Arhanud S-400

Baru-baru ini, TAI juga menandatangani nota kesepahaman tentang ruang dan sistem satelit dengan El Salvador selama kunjungan Presiden Nayib Bukele ke Turki pekan lalu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan