Turki Ekspor Perdana Drone Anka Ke Tunisia

Perusahaan industri pertahanan terkemuka Turki, Turkish Aerospace Industries (TAI) akan melakukan ekspor perdana drone atau wahana udara tak berawak (UAV) medium-altitude long-endurance (MALE) Anka ke Tunisia, media lokal Turki melaporkan pada hari Minggu (13/12).

TAI akan mengirimkan tiga UAV Anka dan tiga Sistem Kendali Darat ke Komando Angkatan Udara Tunisia, menurut surat kabar Turki Habertürk.

Laporan tersebut menuliskan bahwa jumlah tersebut bisa saja meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Drone Turki tersebut dibeli setelah hampir dua tahun negosiasi. Kementerian Pertahanan Tunisia memulai pembicaraan untuk pengadaan UAV dari TAI pada awal 2019.

Pembiayaan ekspor akan disediakan melalui Türk Eximbank. Bank itu akan memberikan pinjaman sebesar $ 80 juta (TL 627,92 juta) ke Tunisia untuk ekspor tersebut, menurut laporan Habertürk.

Sekitar 52 orang pilot dan personel pemeliharaan Tunisia akan diberikan pelatihan yang diperlukan di fasilitas TAI di ibu kota Ankara.

UAV Anka yang dikembangkan oleh TAI di dalam negeri, melakukan penerbangan perdananya pada 30 Desember 2010. Perjanjian produksi massal untuk versi bersenjata dari drone, Anka-S, ditandatangani pada Oktober 2013 dan memasuki kedinasan Angkatan Bersenjata Turki pada tahun 2017

Sumber : dailysabah.com via TSM

Baca Juga:  Pernah 2 Kali Diembargo, Sektor Pertahanan RI Ingin Mandiri 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan