Turki Kerahkan 20 Jet Tempur Ke Perbatasan Suriah dan Irak

Angkatan Udara Turki mengirim 20 jet tempur ke pangkalan udara Diyarbakir di dekat perbatasan Suriah dan Irak, seperti dikut dari www.milliyet.com.tr.

Pesawat-pesawat tersebut memang belum digunakan untuk mendukung agresi ofensif Turki dalam menyerbu Kota Mosul untuk membebaskan dari tangan ISIS. “Tapi pasti akan kami gunakan jika tiba waktunya nanti,” kata Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim.

Aksi ini telah memicu ketegangan baru dengan Suriah, pihak Damaskus telah mengancam akan menembak jatuh jet tempur Turki jika berani masuk wilayah udara Suriah.

Yildrim juga menegaskan, seperti dilansir oleh kantor berita NTV, bahwa aksi Turki dalam upaya membantu koalisi dan pemerintah Irak menyingkirkan ISIS. Meskipun faktanya, Irak terus melontarkan keberatanya terkait campur tangan Turki. Dan menuduh bahwa Turki menikam dari belakang karena terus saja membunuh kaum bersenjata Kurdi (Pashmerga) yang menjadi sekutu Pemerintah Irak dalam perang merebut Mosul.


Sampai sejauh ini, koalisi Irak dan Kurdi Pashmerga telah berhasil merebut 20 desa dalam upaya menguasai kembali Mosul dari ISIS.


Sedangkan Turki berdalih, bahwa selain ISIS operasi militernya bertujuan untuk memastikan Mosul tidak jatuh ke tangan gerakan separatis Kurdi yang menginginkan negara merdeka Kurdistan, lepas dari Turki, Suriah dan Irak.

Peta jarak lokasi 20 jet tempur Turki dan kota Mosul
Peta jarak lokasi 20 jet tempur Turki dan kota Mosul
Baca Juga:  Pesawat Tempur F-16 Block 30 AU Yunani Diupgrade Jadi F-16 Viper

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan