Turki Kerahkan Helikopter T-129 ATAK Terbaru Dalam Menyerbu Kurdi

Turki dilaporkan menggunakan helikopter terbaru T-129 ATAK dalam operasi serbuan ke arah posisi Pasukan Pemberontak Kurdi. Operasi bertajuk Operation Olive Branch itu dilakukan di wilayah bagian barat laut Afrin, di wilayah teritorial Suriah.
Sebuah rekan video yang dirilis oleh YPG tampak menunjukkan helikopter AT-129 ATAK menembaki sasaran di wilayah barat laut Afrin Suriah.

Warta berita terkemuka Turki, Anadolu Agency menyatakan jika, helikopter T-129 ATAK buatan Turki memulai debutnya pada Rabu pagi (24/01).

Helikopter T-129 adalah helikopter serbu dengan senjata utamanya roket udara-ke-darat berpemandu CIRIT yang juga buatan Turki, untuk memukul banyak sasaran yang secara cermat sebelumnya ditandai dengan laser oleh pasukan darat.


Militer Turki juga mengatakan bahwa hanya target teroris yang dihancurkan dan “sangat diutamakan” untuk tidak membahayakan warga sipil manapun.


T-129 ATAK adalah helikopter serang segala cuaca bermesin ganda, berkursi ganda, multi-role, yang didasarkan pada helikopter AgustaWestland A129CBT yang telah combat-proven. Helikopter baru ini menggabungkan filosofi sistem baru dengan mesin baru, LHTEC CTS 800-4A, avionik, sistem penglihatan dan senjata baru, airframe yang dimodifikasi, drive train yang ditingkatkan dan rotor ekor baru. (defence-blog.com/TSM)

Baca Juga:  Panggil Dubes AS, Menlu Retno Marsudi Beri Dukungan Buat Palestina di Bali Democracy Forum (BDF) Ke-10.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan