Turki Serbu Mosul Irak, Apa Tujuanya?

 

Senin, 17 Oktober, Pemerintah Irak melancarkan serangan ofensif untuk merebut kota Mosul dari ISIS di bagian utara perbatasan Irak-Turki. Turki juga terjun dalam perang tersebut dengan dalih ingin memastikan bahwa Mosul tidak akan jatuh ke tangan PKK (Pemberontak Kurdi di Turki).

Turki berdalihh bahwa kehadiranya di wilayah pinggiran kota Mosul Irak sangat jelas, targetnya adalah pemberontak Kurdi, grup separatis yang mengklaim wilayah di perbatasan Irak, Suriah dan Turki untuk mendirikan negara Kurdistan.

Setelah nanti ISIS berhasil ditendang keluar dari Kota Mosul yang kaya minyak. Akan terjadi kekosongan kekuasaan di wilayah tersebut, inilah yang dikhawatirkan Turki, mereka khawatir Mosul dikuasai oleh PKK.


Tapi Irak dan Turki tak sendirian, mereka masih harus berebut dengan berbagai kelompok militan internasional yang didukung berbagai kekuatan di dunia. Mereka adalah kaum pemberontak dari Suriah yang sudah tak mengenal batas negara antara Suriah dan Irak dalam rebutan kekuasaan wilayah. Termasuk perlawanan dari kaum Kurdi sendiri.


Saat ini pasukan Turki berada di pinggiran kota Mosul yang telah sejak lama dipermasalahkan oleh para pejabat Irak. Jika Turki benar-benar berhasil mengontrol Mosul sepenuhnya, para pejabat di Irak menyebutnya sebagai penjajahan dan akan dilawan sekuat tenaga.

Renad Mansur, pengamat militer Irak mengatakan: Turki tidak akan miliki cukup kemampuan untuk terus mempertahankan pendudukanya atas kota Mosul. Militer Turki sedang melemah setelah operasi pembersihan personel militer yang terlibat kudeta.

Baca Juga:  Saat Netizen Filipina Ngiri Dengan Militer Indonesia

Finally, Amerika Serikat (AS) telah menyatakan dukunganya pada hak kedaulatan Irak dan setiap agresi pada wilayah Irak adalah bentuk serangan yang tidak dibenarkan. Irak dan Turki adalah sekutu dekat AS, tapi hubungan AS dan Turki ibarat kaca yang mudah pecah, yang sepertinya tinggal menunggu waktu saja untuk hancur.

Jika Rusia menawarkan kekuasaan Mosul pada Turki, bukan tidak mungkin Ankara akan berpaling memilih menjadi sekutu Moskow demi mengamankan pasokan minyak murah dari Mosul daripada setia pada AS tapi aliran minyak mampet. (sputnik/rusrec)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan