Turki Siap Kirim Pasukan Lebih Banyak ke Pangkalan Militernya di Qatar

Turkish officials say decision will be brought forward due to worsening Gulf diplomatic rift [File: Umit Bektas/Reuters]

Parlemen Turki telah menyetujui untuk mengirim pasukan yang lebih banyak ke Qatar untuk menjaga stabilitas selama masa isolasi dan membantu pertahanan negara tersebut dari ancaman invasi Arab Saudi dan negara teluk lainya.

Dilansir oleh aljazeera.com (8/6/2017) dalam sidang pada hari Rabu kemarin (7/6/2017) ada 240 suara setuju dari Parlemen Turki untuk mendukung langkah Presiden Erdogan tentang rencana menggelar pasukan di Qatar yang lebih besar.

Turki adalah mitra utama Qatar dan sejak tahun 2016 mereka telah membuka pangkalan militer di sana dengan kekuatan 150 pasukan. Pembukaan pangkalan militer Turki di berdasarkan permintaan Qatar pada tahun 2014. Banyak pengamat berpendapat karena Qatar sedang berusaha menutup pangkalan militer Amerika Serikat pada 2018.

Sezgin Tanrikulu, anggota parlemen dari partai oposisi Partai Rakyat Republik (CHP) juga mendukung kebijakan ini. Dia mengatakan bahwa telah dikirim 80 tentara tambahan ke Qatar untuk melakukan persiapan pembukaan pangkalan militer yang lebih besar di wilayah Teluk. Ini akan menandai kembalinya Turki ke kawasan setelah era Khalifah Dinasti Ustmaniyah.

Duta besar Turki untuk Qatar, Ahmet Demirok mengatakan pada AFP tahun kemarin bahwa Turki berencana menempatkan 3.000 pasukan atau lebih di Qatar sesuai kebutuhan. Dengan adanya gejolak ini, besar kemungkinan jumlanya akan membengkak.

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan