Turki Siap Pinang Su-57 Rusia atau J-31 China Jika F-35 Tidak Dikirim AS

Yeni Safak (9/6/2018) memberitakan Turki telah memiliki rencana alternatif jika Amerika Serikat menghentikan pengiriman jet F-35 atas keputusan Ankara untuk membeli sistem rudal S-400 dan telah mempertimbangkan pesawat tempur siluman Su-57 atau China J-31 China sebagai opsi yang memungkinkan,

Sebagai langkah terakhir dari meningkatnya tekanan Washington pada Ankara untuk membatalkan kesepakatan S-400 dengan Moskow, Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengirim surat kepada Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar pada hari Kamis yang merinci bagaimana partisipasi Turki dalam program F-35 akan sepenuhnya ditangguhkan pada 31 Juli, kecuali jika Turki menarik diri dari rencana pembelian sistem pertahanan Rusia.

Sebelumnya Pada bulan April, Amerika Serikat membekukan program manufaktur F-35 bersama dengan Turki, yang memproduksi 6-7 persen suku cadang untuk jet tempur, sementara Kongres AS merekomendasikan untuk menghentikan pengiriman 100 jet F-35 Turki berencana untuk membeli dari Amerika Serikat, jika Ankara melanjutkan rencana akuisisi S-400.


Ankara memprioritaskan S-400 dibandingkan jet tempur F-35 karena sistem rudal dipandang sebagai kebutuhan mendesak karena ketegangan regional.


“Rencana B, C, D siap jika proyek F-35 dibatalkan setelah Turki membeli S-400,” kata Yeni Şafak. Turki akan mempertahankan kekuatan udaranya dengan meningkatkan pemeliharaan pesawat yang ada, sementara itu akan meningkatkan upaya untuk memproduksi jet sendiri.

“Kami masih bergandengan tangan dengan Rusia, untuk menggantikan F 35 kami akan mengeksplorasi Su 57 dan J 31 Tiongkok. Kami percaya opsi diatas lebih hemat biaya dibanding F35 ” tulis Yeni Safak

Baca Juga:  Gagal Meluncur, Rudal Meledak di Kapal Perang Jerman

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan