Turki Tawarkan Kapal Selam Reis Tipe 214 Pada TNI AL

Angkatan Laut Indonesia atau TNI AL telah menerima tawaran dari galangan kapal Turki, Golcuk Shipyard untuk memasok kapal selam diesel-listrik (SSK) varian Reis (Type 214) class.

Beberapa sumber TNI AL mengatakan rapat dan presentasi penawaran kapal selam ini dilakukan pada awal tahun 2017 oleh tim Gölcük Shipyard dan pejabat TKMS di markas TNI-AL, di Cilangkap, dekat Jakarta.

Pertemuan akan dilanjutkan dengan kunjungan pejabat TNI AL ke fasilitas Gölcük Shipyard di dekat Istanbul, di mana mereka akan mengamati pekerjaan konstruksi kapal selam pertama Angkatan Laut Turki, Type 214, Pirireis (S 330).

Kunjungan ini dijadwalkan berlangsung dari 07-12 Mei 2017, paralel dengan gelaran IDEF 2017.


Angkatan Laut Turki menanti pengiriman enam kapal selam Type 214 dari Golcuk Shipyard.

Kapal selam pertama dari kelas ini dijadwalkan dapat diluncurkan pada tahun 2019, dan semua kapal selam diharapkan dapat ditugaskan pada tahun 2025.

Reis class memiliki panjang keseluruhan 67,6 m, overall beam 6,3 m, dan hull draught 6,0 m. Platform dapat menampung 27 awak, termasuk lima petugas, memiliki kecepatan tertinggi 20 knot saat menyelam, dan 12 knot ketika muncul di permukaan.

Kapal selam ini dilengkapi dengan bow (busur), flank (sayap) dan towed array sonars, serta delapan tabung yang bisa meluncurkan torpedo 533 mm termasuk Raytheon Mk 48 Mod 6, dan Atlas Elektronik DM2A4.

Baca Juga:  Freefall, Konsep Penerjunan Prajurit Paskhas di Masa Depan

Sumber: janes.com

1 Trackback / Pingback

  1. Demi Bela Palestina, Bung Karno Rela Indonesia Tidak Lolos ke Piala Dunia – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan