Turki, UEA dan Mesir Gunakan Senjata Buatan Israel Dalam Perang di Libya

IAI Harop pesawat tanpa awak kamikaze buatan IAI Israel. Foto: wikipedia

Dua negara Islam (Turki dan Uni Emirat Arab/UEA) saling perang di negara Islam Libya, Ironis!. Turki menyokong pemerintahan sipil GNA dan UEA menyokong Militer Libya (LNA).

Ironisnya lagi, Baik Turki maupun UEA sama-sama menggunakan senjata buatan Israel dalam perang di Libya ini. Israel yang sering dijadikan musuh oleh keduanya dalam propaganda Palestina.

Diberitakan oleh media The New Arab pada 10 April 2020. UEA dilaporkan telah membeli sistem pertahanan udara Israel yang “canggih” untuk menembak jatuh pesawat tempur Turki yang beroperasi di Libya.

Menurut media yang berbasis di London itu, senjata itu dibeli dari perusahaan pertahanan Israel dan kemudian dikirim langsung ke Mesir. Di sana para Perwira Tentara Nasional Libya (LNA) menjalani pelatihan untuk mengoperasikan senjata tersebut.

Senjata yang tidak disebutkan namanya itu sukses meredam serangan pesawat tanpa awak dari pihak Turki yang menyokong GNA.

Nah ternyata dalam serangan tersebut, Turki juga menggunakan senjata buatan Israel dan berhasil didokumentasikan dengan baik oleh pihak LNA musuhnya

Juli lalu, LNA menembak jatuh dua kendaraan udara tak berawak Orbiter-3 buatan Israel (UAV) di dekat kota al-Aziziyah di selatan ibukota negara itu, Tripoli. Jerusalem Post mengungkapkan kemudian bahwa UAV adalah bagian dari tiga unit yang disumbangkan oleh Turki untuk pasukan pro-GNA.

IAI Harop pesawat tanpa awak kamikaze buatan IAI Israel. Foto: wikipedia

Awal bulan ini, pasukan LNA menemukan puing-puing amunisi IAI Harop yang berkeliaran di dekat desa Hamada di Libya timur. IAI Harop adalah kendaraan tempur udara tak berawak yang dikembangkan oleh divisi MBT Israel Aerospace Industries di Azerbaijan dan diekspor ke Turki.

Baca Juga:  Presiden Suriah Kecam Agresi Militer Turki di Wilayahnya

Benar-benar dagelan sekali. Negara-negara Islam (Turki, UEA dan Mesir) saling bertempur di negara Islam Libya dengan senjata buatan Israel.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan