Uji Coba Buaya Tempur Arisgator TNI AD

AAV-7 milik Korps Marinir TNI AL tahun ini mendapatkan teman dalam perayaan HUT TNI yang ke-72. Kawan tersebut, siapa lagi kalau bukan M113 Arisgator buatan Italia, yang didatangkan dalam waktu kurang dari sebulan sebelum tanggal 5 Oktober 2017. M113 Arisgator jadi kendaraan amfibi pertama untuk TNI AD yang dapat dipergunakan untuk melakukan pendaratan prajurit ke garis pantai

Walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan AAV-7, Arisgator yang bentuknya mirip buaya atau malah AAV-7 mini punya kemampuan berenang yang sangat prima lho. Sejak minggu lalu hingga hari ini para personil TNI AD terus menerus berlatih menaklukkan sang buaya tempur ini agar bisa berenang lincah menaklukkan gelombang dan arus laut yang cukup kencang di perairan Cilegon.

Cukup asyik menyaksikan Arisgator berenang lincah kesana-kemari, membuat perjalanan panjang yang penulis tempuh untuk menyaksikan persiapan TNI dalam rangka HUT TNI ke-72 tidak terasa sia-sia. Penulis memang secara khusus menyempatkan waktu untuk memuaskan dahaga pembaca mengenai berita alutsista.

Secara khusus rekan Weka G. Cha Bi yang merupakan penggemar fanatik kendaraan militer M113 dan khusus berpesan minta difotokan M113. Lagipula, buat penulis lebih asyik menyaksikan Arisgator milik TNI AD berenang dengan mata kepala sendiri, dibandingkan menonton link video luar negeri dari situs militer lokal.

Setiap hari dua sampai tiga unit Arisgator akan berenang melintasi pelabuhan Krakatau Steel ke arah Dermaga Indah Kiat di pagi hari, dimana kendaraan-kendaraan amfibi tersebut terlihat dikawal oleh prajurit di perahu karet yang sigap mengantisipasi kalau ada kendala. Untungnya, sampai hari ini proses pelatihan berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  PT. PAL Terus Kerjakan Kapal Selam Untuk TNI Walau Corona Melanda

Dapat dlihat kalau M113 Arisgator sudah dicat warna loreng standar untuk kendaraan militer TNI AD dan tampak dilengkapi dengan senjata. Sistem senjata yang dipasang pada Arisgator tidak berbeda dengan saudara versi daratnya, M113A2 yakni senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7x99mm. Ini merupakan senapan mesin andalan untuk keluarga M113.

Sekedar mengingatkan, Arisgator adalah hasil karya perusahaan Italia bernama ARIS (Applicazioni Rielaborazioni Impianti Speciali) Spazio. Ide dasarnya adalah modifikasi M113 agar dapat bersalin rupa menjadi kendaraan pendarat amfibi yang garang melibas sungai, rawa, dan danau.

Untuk mewujudkan hal tersebut, M113A1 harus dimodifikasi habis dengan moncong tambahan pada M113 berbentuk haluan kapal yang berisi gabus dan karet khusus yang ringan dan dapat meningkatkan daya apung, plus panel pembelah ombak yang dapat dibentangkan saat mengarung air.

Panel tambahan serupa yang ditempelkan di bagian belakang kendaraan yang sekaligus menjadi rumah bagi sistem waterjet. Kotak pengapung serupa dapat dipergoki di tiap sisi Arisgator.

Pada bagian atas, exhaust atau knalpot dipanjangkan dengan menggunakan snorkel pada sisi kanan atap. Grille untuk lubang masuk udara mesin juga diberi penutup yang lebih tinggi dari kendaraan agar tidak kemasukan air yang bisa menyebabkan mogok pada saat mengarungi permukaan sungai dan laut.

Sumber : c.uctalks.ucweb.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan