Uji Coba Sea Raider oleh Satkamla Lantamal V TNI Al

Setelah selasa lalu Sea Raider diresmikan penggunaannya oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P, Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal V langsung tancap gas dengan melakukan uji coba Sea Raider barunya di Kolam Koarmatim dan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jumat (26/8/2016) pagi.

Dalam uji coba tersebut, Dansatkamla Lantamal V Letkol Laut (P) Stanley Lekahena terjun langsung menjajal kendaraan yang memiliki kecepatan hingga 25 knots ini.

Tampak hadir Pasops Satkamla Mayor Laut (P) Andi Susanto, Kasiops, Komandan KAL Warakas, serta para Komandan Patkamla di jajaran Satkamla mendampingi Dansatkamla dalam ujicoba kendaraan anyar tersebut.
Menurut Dansatkamla, kehadiran satu unit Sea Raider di jajarannya akan menambah daya gedor dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta semakin mempertajam kemampuan Satkamla dalam upaya patroli pengamanan di APBS dan APTS yang menjadi salah satu wilayah kerja Satkamla Lantamal V.

Sea Raider yang menjadi unsur terbaru masuk jajaran Satkamla Lantamal V ini memiliki panjang 7,5 meter dan lebar 3 meter serta daya bobot sebesar 2.200 kilogram. Unsur ini mampu mengangkut delapan orang anggota Satkamla untuk melaksanakan patroli.
Selain itu, Sea Raider ini dapat dipacu maksimum 25 knots yang dihasilkan dari mesin Yamaha 2 x 85 HP. Sea Raider ini juga dilengkapai sistem GPS canggih. Sea Raider buatan PT.Lundin Industry Invest-Indonesia ini mampu melakukan pendeteksian dan pengejaran terhadap kapal-kapal yang melakukan pelanggaran.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan