Ukraina Pilih WAC-47 Untuk Senapan Serbu Organik

The Firearm Blog (1/8) memberitakan bahwa Ukraina saat ini tengah melakukan evaluasi dan pengembangan atas senapan serbu baru yang disebut WAC-47. Senapan serbu baru ini diciptakan untuk membawa Ukraina keluar dari pengaruh Rusia dan meneruskan aspirasi mereka untuk masuk dalam NATO.

WAC-47 sendiri dikembangkan oleh Aeroscraft yang mendesain senapan serbu ini dengan pola AR-15 (M16), namun memiliki kompatibilitas dengan peluru 7,62x39mm M43 standar Rusia untuk AK-47 yang masih banyak berada di gudang senjata Ukraina.

Kalau nanti Ukraina sepenuhnya sudah berpindah ke peluru 5,56x45mm NATO, maka tinggal ganti modul kas atas (upper receiver) saja. Mekanisme pengoperasian WAC-47 masih mengandalkan sistem direct impingement, tidak seperti AR-15 di AS yang sudah berpindah ke mekanisme piston yang lebih andal.



WAC-47 sendiri punya bobot 3,4 kilogram dengan laras standar sepanjang 40cm. Foregrip dengan rel di empat kuadran sudah jadi standar, namun laras bisa saja diganti secepat mungkin ke panjang laras yang lebih pendek. Dengan desain AS, peluru standar NATO tapi juga bisa diganti ke standar Rusia menunjukkan bahwa WAC-47 bisa mengadopsi semua kepentingan, walau Cuma dalam hal desain senjata.

Sumber: UC News/Aryo Nugroho

Baca Juga:  Rusia Akan Bikin Pesawat Sukhoi Su-57 Versi Kapal Induk, Tapi ...

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan