Ukraina Tampilkan Kendaran Tak Berawak dengan Peluncur Roket

Perusahaan pertahanan Ukraina mengembangkan kendaraan serbaguna taktis tak berawak berat Phantom-2 yang dilengkapi dengan peluncur roket. Para pengembang telah mengintegrasikan sistem roket tak berpemandu pada platform tak berawak Phantom-2 8×8 yang baru.

Kendaraan darat tak berawak Phantom-2 dengan peluncur untuk roket RS-80 dipamerkan saat latihan militer Angkatan Bersenjata Ukraina di Goncharovsky Polygon. Kendaraan Phantom-2 yang baru dengan peluncur roket untuk roket RS-80 tersebut diharapkan akan menambah kemampuan taktis di medan perang.

RS-80 adalah roket tak berpemandu yang dikembangkan dan diproduksi oleh SJSHC “Artem”, bagian dari UkrOboronProm. Roket kaliber 80 mm itu dirancang untuk menghancurkan sasaran darat dan dikembangkan untuk helikopter serang dan pesawat terbang menggunakan unit starter biasa atau platform darat khusus.

Phantom adalah keluarga kendaraan darat tak berawak dengan chassis 6×6 dan 8×8 dengan kemampuan memungkinkan melakukan berbagai tugas. Kendaraan serbaguna taktis tak berawak tersebut dapat menjadi pengangkut amunisi dan logistik melintasi daerah yang berada di bawah ancaman tembakan musuh atau daerah berisiko terkena ranjau, dapat dpula digunakan untuk dengan segera mengevakuasi korban luka dari medan perang dengan aman dan cepat. Selain itu, dengan sistem rudal antitank atau peluncur roketmemungkinkan
Phantom menjadi sarana yang hampir tak terlihat, portabel dan efektif untuk menghancurkan kendaraan lapis baja atau kubu
pertahanan musuh.

Baca Juga:  Perkuat Perbatasan, TNI AU Siapkan Skadron Pengintai di Tarakan Kalimantan Utara

Sumber : defence-blog.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan