Uni Emirat Arab Luncurkan Prototipe Pesawat B-250 di Dubai Airshow 2017

Pesawat Calidus B250 Buatan Abu Dhabi, UEA. Foto: DefesaNet

Calidus LLC, perusahaan pesawat asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, memamerkan prototipe pesawat tempur ringan terbarunya B-250 di acara Dubai Airshow 2017.

B-250 yang sebelumnya diberi nama Bader. Didesain bareng pabrikan Novaer asal Brazail dan Rockwell Collins asal Amerika Serikat untuk airframe-nya. Kepala desainernya adalah Joseph Kovacs, yang juga mendesain pesawat Embraer Tucano.

Hamda Abdullah Al-shakeli, Software Enginer dari Calidus, mengatakan,
“Kami telah bernegosiasi dengan banyak calon konsumen, kami sangat kompetitif, dan harga yang kami tawarkan akan mengguncang dunia saat kami rilis nanti. Kami sangat serius mengembangkan pesawat ini dan akan segera membuka pabriknya di komplek Al-Ain City untuk produksinya. Tapi soal berapa investasi kami di pesawat ini, itu rahasia.”

Al-Shakeli juga mengatakan bahwa soal spare part akan disuplai manufaktur dari seluruh dunia namun untuk hak paten tetap milik Calidus, perusahaan pembuat B-250. B250 ini menggunakan mesin PT6A-68 dan mampu membawa beban hingga 1.796KG


Pesawat tempur ringan ringan recon seperti ini memang sedang diminati dunia terutama untuk misi patroli perbatasan, anti gerilya dan latihan. Malaysia adalah contoh negara yang pernah menderita melawan gerilyawan Sulu di Sabah pada 2013 karena tak memiliki dukungan udara dari pesawat tempur ringan seperti ini.

Sumber: defence-blog.com


 

Baca Juga:  Upgrade Bom.Nuklir B61-12 Amerika, Diklaim Bisa Menembus Bumi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan