Upgrade Centurion, Eurofighter Typhoon Inggris Diklaim Tak Terkalahkan!

Royal Air Force (RAF) atau AU Inggris punya proyek ambisius untuk menjadikan Eurofighter Typhoon sebagai jet tempur paling dahsyat dan serba bisa di dunia. Dilansiri oleh Aviation Today (13/2), Inggris berupaya untuk meningkatkan kemampuan Typhoon melalui Project Centurion.

Proyek yang direncanakan selesai pada 2019 ini akan memberikan integrasi sensor dan persenjataan ke armada Typhoon milik RAF. Di antara senjata yang diintegrasikan adalah rudal udara ke permukaan MBDA Meteor, rudal anti tank Brimstone, dan rudal jelajah taktis Storm Shadow.

Untuk bom pintar, disiapkan Paveway IV buatan AS bisa dilontarkan dari Typhoon dan kemudian sistem pod elektro optik Litening III pun disiapkan untuk dapat dipasang dan mengarahkan bom ke sasarannya.


Pengerjaan upgrade Poject Centurion ini dilakukan oleh perusahaan QinetiQ dengan meminjam fasilitas milik RAF, dan dilaksanakan dalam sejumlah fase, mulai dari Phase 2 Enhancement sampai dengan Phase 3 Enhancement. Apabila Project Centurion selesai, maka Typhoon RAF siap menggantikan jet tempur Tornado GR.4 yang telah dipensiunkan. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Pesawat Tempur India HAL Tejas Punya Kemampuan Hot Refuel, Isi BBM Tanpa Mematikan Mesin

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan