Upgrade F-35 Block 4, Amerika Siapkan 1,8 Milyar Dollar

Pesawat tempur F-35 terus mengalami evolusi atau uograde ekosistem tekbologinya sejak lahir. Tujuanya untuk terus mempertahankan daya gentarnya sebagai pesawat superioritas di udara.

Tahun ini Departemen Pertahanan Amerikan telah siap mengucurkan anggaran 1,8 miliar dolar AS kepada Lockheed Martin guna mendukung Fase 2.3 Program Pra-modernisasi F-35 Lightning II Block 4.

Upgrade tersebut ditujukan bagi F-35 yang dioperasionalkan oleh Angkatan Laut AS, Angkatan Udara AS, Korps Marinir AS, dan beberapa negara pengguna F-35 dari negara lain juga dibolehkan berpartisipasi untuk meningkatkan kemampuan armadanya.

Kontrak telah diteken pada Jumat, 7 Juni lalu. Dengan pembiayaan yang ditanggung oleh AU AS (40,5%), AL AS (20,54%), USMC (19,13%), dan pengguna F-35 dari negara lain (19,83%).

Menurut penjelasan Lockheed Martin, kemampuan F-35 bertumpu pada lebih dari delapan juta garis kode (software) di pesawat ini. Karenanya, software merupakan otak yang sangat esensial dan menentukan bagi kemenangan F-35 dalam sebuah pertempuran.

Untuk itulah, modernisasi perangkat lunak dan sistem komputer di pesawat F-35 terus diperbarui dari waktu ke waktu.

F-35 Block 4, secara umum memuat 50 macam perbaikan untuk menangkal beragam potensi ancaman baru, khususnya yang datang dari China dan Rusia yang sama-sama mengembangkan jet tempur siluman dan senjata-senjata penangkalnya. Baik itu ancaman dari udara maupun ancaman yang berasal dari darat.

Baca Juga:  Roll Out Perdana Helikopter T70 Blackhawk Buatan Turki

Proyek ini akan dilaksanakan di Fort Worth, Texas dengan jadwal akhir penyelesaian program pada Agustus 2026. Sejumlah pekerjaan dimulai dengan kajian dan perumusan kebutuhan, pembagian kerja, dan penentuan jadwal penyelesaian di masing-masing bidang pekerjaan. | Sumber: airspacereview.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan