USS Coronado Berjaga di Asia Pasifik

USS Coronado Foto: Chief Mass Communication Specialist Keith eVinney

Amerika melakukakan pergantian kapal perang yang siaga di wilayah Asia Pasifik. Kali ini yang dikerahkan adalah USS Coronado, kapal kelas LCS (Littoral Combat Ship) dengan desain trimaran agar bisa berakselerasi tinggi di laut.

Kapal kelas LCS adalah kapal perang modular yang berukuran kecil, lincah, dapat melaju kencang, dan harganya murah dibandingkan kelas frigat. Awalnya AL AS bermaksud kepal kelas ini bisa bermanuver sampai ke perairan dangkal seperti selat teluk, dimana kapal perang konvensional menghadapi ancaman inkonvensional seperti speedboat bersenjata, kapal cepat rudal, ranjau, dan pertahanan pantai yang diperkuat meriam dan rudal.

LCS terbagi dalam dua kelas, Independence dengan desain trimaran, dan Freedom yang bentuknya lebih konvensional. USS Coronado termasuk dalam kelas Independence dengan panjang 23kaki.

Kritikan terbesar untuk kapal LCS adalah sistem senjata yang dipasang, dimana untuk kapal yang dibangun untuk misi tempur mendekati pantai, sistem senjatanya terlalu lemah dan sedikit, hanya mengandalkan pada meriam 57mm.

AS memang rutin mengirimkan kapal perang di wilayah laut Asia Pasifik dengan alasan perimbangan kekuataan kawasan. Selain menghadapi musuh abadinya, Korea Utara. AS juga aktif mencegah popularitas kekuatan China yang semakin melaju pesat diwilayah pasifik.

Ditambah Rusia yang ingin masuk lagi ke kawasan ini dengan mengaktifkan lagi pangkalan militernya di Vietnam. Rusia juga memiliki hubungan akrab dengan Myanmar dan Laos. Sedangkan AS saat ini malah sedang berseteru dengan kawan setianya, Filipina.

Baca Juga:  Sengketa Wilayah Dengan China, Jepang Siagakan 300 Pasukan Amfibi di Kapal Perang

Kawasan Asia Pasifik akan semakin panas, selain wilayah Asia Timur yang secara fakta bahwa perang Korea belum berakhir sama sekali. Kawasan Laut China Selatan juga akan diramaikan perebutan kekuasaan para raksasa.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan