Varian Pesawat Tempur F-16 Block 52, Block 60 dan Viper

Seperti santer diberitakan belum lama ini, pabrikan pesawat tempur AS Lockheed Martin sangat agresif menawarkan F-16 Viper ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Viper adalah sebuah varian terbaru dari keluarga F-16.

Lockheed Martin selain memasarkan varian baru produksinya juga menawarkan beberapa fitur upgrade dari F-16 Fighting Falcon yang sudah dimiliki sejumlah negara termasuk Indonesia untuk ditingkatkan kemampuannya.

Negara pelanggan pertama yang sukses meningkatkan kemampuannya (upgrade) pesawat lamanya dari F-16A/B Block 20 menjadi F-16V Phoenix Rising adalah AU Taiwan (ROCAF) dengan kata lain F-16 varian lama ditingkatkan menjadi standar varian F-16V yang jauh lebih canggih.

Istilah Block pada Model F-16 ini merujuk pada sejumlah peningkatan yang dilakukan, ditandai dengan peningkatan jumlah block untuk menunjukkan adanya upgrade. Setiap block dari pesawat memiliki berbagai perangkat lunak, perangkat keras, sistem, kompatibilitas senjata dan perangkat tambahan struktural dan dapat disesuaikan untuk pelanggan tertentu.

Berikut sejumlah Block F-16 terbaru yang ada sekarang ini.

1. F-16 Block 50/52

Block 50/52 adalah delapan block modifikasi utama dari F-16. Kemampuannya terus meningkat dengan dimasukannya teknologi baru. Kebanyakan peningkatan didapat dari pengalaman tempur.

Perbaikan F-16 Block 50/52 meliputi:
Mesin yang lebih kuat, Layar kokpit berwarna, Sistem peperangan elektronik baru, Senjata advanced dan sensor

Blok 52 milik Israel

2. F-16 Block 60


F-16 Block 60 membawa sejumlah sistem baru untuk menjaga kemampuan tempur untuk melawan pesawat-pesawat tempur terbaru yang diproduksi berbagai negara.

Baca Juga:  Ukraina Luncurkan Tank Tanpa Awak Ukroboronprom Phantom

Beberapa peningkatan pada block ini meliputi :
Tanki bahan bakar konformal yang secara signifikan memperluas jangkauan pesawat, Sistem kontrol penerbangan baru yang lebih canggih dan kemampuan deteksi radar yang lebih tinggi, Semua avionik baru untuk memberikan kepada pilot data sensor lebih banyak dan kesadaran situasional ditingkatkan.

F-16 Block 60 milik UAE

3. F-16 Viper

F-16 Viper atau biasa disebut F-16V adalah hasil terbaru dari evolusi F-16. Memanfaatkan pengalaman selama 40 tahun, F-16V mengusung sejumlah perangkat tambahan seperti Radar AESA, arsitektur canggih, layar pusat baru dan persenjataan terbaru. Hal ini meningkatkan kesadaran situasional pilot dan memberikan peningkatan kemampuan operasional.

F-16V menawarkan dua hal, yakni membeli pesawat baru atau mengupgrade pesawat lama menjadi standar F-16V. Pemerintah Taiwan misalnya telah memilih konfigurasi F-16V untuk upgrade 145 pesawat F-16A/B Block 20. F-16V pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu di Singapore Airshow.

Sumber: TSM

1 Komentar

  1. Dear admin, ada sedikit koreksi, Block 50/52 ada 2 versi : Versi block 50/52 standar seperti milik US.Air Force atau Block 50/52+ milik AU Polandia dan Yunani.

Tinggalkan Balasan