Vietnam Beli Kapal Perang Baru dan Incar Pesawat Patroli P-3 Orion Bekas Jepang

Vietnam dikabarkan oleh navirecognition.com sedang menyelesaikan proses pembelian kapal perang penjaga pantai dari Jepang.

Dikutip dari Asia.Nikkei, Kesepakatan akan diteken oleh Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyễn Xuân Phúc dalam kunjungannya ke Vietnam minggu depan.

Pembelian ini enam kapal patroli seberat 1.500 ton berdasarkan kelas Kunigami akan digunkan untuk Penjaga Pantai Vietnam. Vietnam juga akan mendapat tranfer teknologi.

Kapal patroli kelas Kunigami merupakan kelas kapal patroli tipe PL kelas 1.000 ton milik Penjaga Pantai Jepang (Japan Coast Guard – JCG). Karena kapal dirancang dengan kemampuan multi-misi, diadopsi hull yang terbuat dari baja. Selain itu, karena stabilitas kecepatan rendah diperlukan, tangki antiroll juga dipasang selain sirip penstabil. Struktur atas terbuat dari paduan aluminium, tetapi anjungannya memiliki struktur antipeluru. Sebuah helipad dipasang di dek buritan. Meski tidak ada hanggar, mereka dapat memasok bahan bakar dan tenaga listrik ke helikopter di dalamnya.

Sebagai senjata utama, sistem kanon gatling 20 mm JM61-RFS dengan pengarah optik dipasang pada kapal awal yang dibangun di bawah tahun fiskal 2009 dan 2012. Dan sistem kanon 30 mm Bushmaster II yang lebih kuat dipasang pada kapal-kapal akhir yang dibangun di bawah tahun fiskal 2013 dan tahun fiskal berikutnya.

Vietnam juga lirik pesawat Patroli bekas Jepang, Loackheed P-3C yang akan dipensiunkan dan digantikan dengan pesawat buatan Jepang sendiri, Kawasaki P-1.

Baca Juga:  PBB Cabut Embargo Senjata Iran

Vietnam berminat pada pesawat P-3C Orion untuk memperkuat kemampuan pengawasan maritimnya. Memperoleh P-3C bekas dari Jepang bisa menjadi alternatif yang lebih murah daripada membeli langsung dari Amerika Serikat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan