Vietnam Berencana Beli Pesawat Su-57 Dari Rusia, Berambisi Jadi Yang Terkuat di ASEAN

Website penerbangan dan kemiliteran dari Rusia, avia.pro (2/1/2019) yang memunculkan kembali berita bahwa Vietnam sedang mempertimbangkan pembelian 12 Su-57 dari Rusia senilai kurang lebih 2 miliar dolar AS.

Tidak mengejutkan jika nanti Vietnam akan menjadi kekuatan Udara yang paling menggentarkan langit ASEAN. Hanoi selama ini memang pelanggan setia senjata asal Rusia sejak era Uni Sovyet.

Kekuatan udara Vietnam juga didominasi teknologi Sovyet dan Rusia, diantaranya: 120 unit jet tempur MiG-21F/PF, 73 jet tempur generasi keempat Su-27/30 berbagai varian, termasuk jet-jet lama era Soviet yaitu 35 pembom tempur Su-22 Fittter.


Alasan utama Vietnam ngebet membeli Su-57 adalah untuk mengimbangi kekuatan militer China dalam konflik sengketa batas Laut China Selatan, Vietnam tampaknya juga telah menunjukkan niat untuk menjadi negara dengan militer terkuat. Paling tidak, di kawasan regional.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Hanoi sangat gencar membeli sistem persenjataan dari Rusia dan tercatat sebagai salah satu negara yang menggelontorkan anggaran militer cukup besar.


Namun berdasarkan pengamatan analis, Amerika Serikat sepertinya tidak akan tinggal diam menyikapi rencana negeri yang pernah mengalahkannya dalam perang tersebut.

Kuat diduga, AS akan menciptakan masalah serius terhadap Vietnam melalui sanksi-sanki yang dapat berimbas pada ekonomi Vietnam.

Baca Juga:  Dua Pilot Pesawat F/A-18 AS yang Jatuh Dinyatakan Tewas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan