Vietnam Borong 12 Pesawat Latih Tempur L-39NG Buatan Ceko

Republik Sosialis Vietnam dilaporkan janes.com telah meneken kontrak pembelian 12 pesawat latih jet Aero Vodochody L-39NG dari Republik Ceko.

Kesepakatan itu jugq telah diumumkan oleh perusahaan eksportir pertahanan Ceko, Omnipol pada 15 Februari. Pesanan Vietnam itu akan dikirimkan mulai tahun 2023 dan diharapkan selesai pada 2024.

“Kontrak tersebut termasuk akuisisi 12 pesawat L-39NG, ditambah pelatihan pilot, instruktur, awak darat, dan mekanik. Juga termasuk pasokan suku cadang pesawat, serta pasokan peralatan untuk pelatihan di darat, dukungan logistik, atau sistem airport khusus. Ini akan memberi pelanggan kemampuan pelatihan pilot dan awak darat yang lengkap,” kata pihak Omnipol.

Pesawat L-39NG merupakan versi pengembangan dari L-39 Albatross.

L-39NG pertama kali diluncurkan oleh Aero pada Oktober 2018, dengan uji terbangnya selesai pada awal 2020. L-39NG memiliki fitur mesin Williams International FJ44-4M yang lebih bertenaga, wet wing (struktur sayap yang digunakan sebagai tangki bahan bakar), kokpit modern, dan airframe yang lebih ringan daripada pendahulunya.

Dalam peran serang ringan, pesawat dilengkapi dengan lima hardpoint (dibandingkan dengan dua hardpoint untuk L-39 baseline) untuk membawa rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan, serta amunisi dan sensor lainnya. Pesawat juga memperkenalkan opsi untuk pemasangan gunpod. L-39NG memiliki kecepatan tertinggi 420 kt, muatan seberat 1.200 kg, durasi terbang 4 jam dan 30 menit, jarak tempuh 1.400 mil laut, dan ketinggian terbang mencapai 38.000 kaki. Dikabarkan L-39NG harganya kurang dari USD10 juta.

Baca Juga:  Mobil-Mobil Tempur Modifikasi Buatan ISIS

Vietnam telah lama menjadi operator pendahulu L-39NG, yakni L-39 yang merupakan salah satu pesawat latih jet blok komunis yang paling banyak diproduksi. Lebih dari 2.800 pesawat L-39 dikirim ke seluruh dunia selama Perang Dingin, termasuk 31 diantaranya ke Vietnam.

Sumber : janes.com

Channel Militermeter

1 Komentar

Tinggalkan Balasan