Vietnam Ekspor Radar Peringatan Dini ke Laos

Perusahaan telekomunikasi Vietnam Viettel Group telah berhasil mengekspor tiga radar peringatan dini ke Laos.

Informasi tentang ekspor ini dipublikasikan dalam artikel yang diterbitkan di majalah Viettel People tanggal 5 Juni 2018.

Menurut isinya, Viettel telah berhasil mengekspor 3 radar radar 2D ke Laos.

Peristiwa ini menandai perkembangan penting di bidang peralatan pertahanan udara modern, yang tidak hanya sangat diakui oleh Kementerian Pertahanan Vietnam, tetapi juga dipercaya oleh Laos.


Tidak dijelaskan secara khusus tipe radar yang telah diekspor, tetapi saat ini, radar 2D buatan Viettel adalah VRS-2DM. Radar ini mempunyai kemampuan low probability to intercept (LPI), dirancang untuk mendukung kesiapan tempur, manajemen ruang udara, dan manajemen penerbangan.

Sistem VRS-2DM ini akan digunakan sebagai peringatan dini untuk unit rudal pertahanan udara Laos.

VRS-2DM adalah radar 2D ketinggian rendah dan akan memberikan informasi untuk sistem rudal anti pesawat.


Selain itu, sistem radar ini juga dapat memberikan informasi untuk peringatan bagi penembakan anti-pesawat untuk menghancurkan sasaran terbang, termasuk sasaran terbang rendah dekat permukaan tanah.

Diketahui bahwa sebelum melakukan ekspor, Viettel telah menyelesaikan semua tes yang sangat ketat dengan banyak skenario yang berbeda. Jet tempur Angkatan Udara Vietnam dikerahkan untuk berperan sebagai skuadron maritim untuk menjadi sasaran radar Viettel untuk dideteksi, yang kemudian dilakukan pengukuran parameter taktisnya.

Baca Juga:  F-18 Super Hornet Dirancang Bisa Lepas Landas Dari Kapal Induk India

Ketiga radar telah mencapai hasil (tes) yang baik. Radar buatan Viettel telah secara resmi diekspor ke Laos sejak bulan Januari 2017.

Sumber : baodatviet.vn, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan