Vietnam Sudah Bikin Radar Modern Keren, Indonesia Kapan Bisa?

Industri Pertahanan dalam negeri secara bertahap kini mulai bisa menciptakan produk berteknologi tinggi, walaupun masih digunakan oleh militernya sendiri namun usaha Vietnam untuk mandiri patut diacungi jempol. Salah satu produk yang baru saja diperkenalkan kepada public adalah radar VRS-2DM yang merupakan versi lokal dari radar Sabre M60 buatan Brazil.

Diberitakan oleh Bao Dat Viet (7/11/2019) yang lebih membanggakan lagi radar VRS-2DM ini diproduksi oleh BUMN Vietnam yaitu Viettel tepatnya Pusat Industri Radar dan Telekomunikasi. Radar ini dibuat untuk memenuhi persyaratan peperangan modern AU Vietnam yang perlu dilengkapi dengan radar generasi baru. Dalam persyaratannya AU Vietnam meminta agar radar baru ini bisa mengidentifikasi 3 parameter target (3D) yang mana hal ini tidak bisa dilakukan oleh radar tipe lama.

Selain parameter 3D, radar generasi baru ini harus menggunakan antenna active electronic phase array yang juga harus kebal dari segala gangguan ataupun jamming dari perangkat pengacak musuh ataupun dari rudal anti radiasi seperti AGM 88 HARM atau Kh 31P yang dilepaskan oleh musuh. Permintaan terakhir radar ini mempunyai bentuk yang kompak, mobilitas tinggi pada medan apapun juga.

Menurut salah satu pejabat pertahanan Vietnam mengenai pentingnya pembuatan radar secara domestik “produksi radar domestik sangat penting untuk melindungi wilayah udara Vietnam, bagaimana kita bisa menjaga wilayah kita jika masih menggunakan radar buatan luar yang sudah diketahui seluk beluknya? VRS-2DM ini adalah 100% produk buatan Vietnam semua spesifikasi teknis dan fiturnya sepenuhnya rahasia”

Baca Juga:  Arab Saudi Bikin Senjata Elektronik Penghancur Sistem Komunikasi

Bagaimana dengan Indonesia? Seharusnya negeri ini sudah meneliti dan mengembangkan radar domestic apalagi Indonesis sudah mempunyai Lembaga Elektronika Nasional (LEN) sebagai wadah untuk menyalurkan bakat anak negeri dibidang pengembangan elektronika khususnya radar.

Sumber: World Defense Zone
https://m.baodatviet.vn/quoc-phong/quoc-phong-viet-nam/viet-nam-che-tao-thanh-cong-radar-canh-gioi-hien-dai-3390484/

4 Komentar

Tinggalkan Balasan