Vladimir Putin: Teknologi Senjata Laser Penentu Militer Rusia Abad 21

Presiden Vladimir Putin mengatakan teknologi senjata laser akan memainkan peran penting dalam kekuatan militer Rusia di abad 21. Dia menyampaikan hal itu ketika membahas “hasil praktis pertama” dari sistem laser tempur Peresvet.

Dalam pertemuan kabinet pertahanan hari Jumat (17/5/2019) yang dikutip Russia Today, Putin menyoroti pentingnya pengembangan teknologi laser, termasuk pada kompleks laser tempur di tingkat taktis.

Menurutnya, jenis senjata seperti itu akan menentukan potensi tempur Angkatan Darat dan Angkatan Laut Rusia sepanjang abad ke-21.

Putin mengatakan bahwa pemerintah akan mempelajari “hasil praktis pertama” dari kinerja sistem laser Peresvet ketika digunakan oleh militer. Senjata canggih memasuki layanan tes secara resmi pada bulan Desember.

Peresvet yang jadi nama senjata laser itu diambil dari nama seorang biksu serdadu patriotik Rusia abad 14 yang sangat terkenal.


Para ahli menyarankan penggunaan senjata laser karena dapat digunakan sebagai alat pengacau atau untuk menetralisir target yang ada di udara, termasuk rudal jelajah. Namun, ada juga yang mengkhawatirkan senjata laser militer dapat digunakan untuk melawan satelit musuh.

Dalam pidatonya pada Maret 2018, Putin mengungkapkan sejumlah senjata canggih yang baru. Di antaranya adalah rudal hipersonik Kinzhal, yang kemudian berhasil melewati uji coba dan dipasang pada jet tempur MiG-31.


Sumber : sindonews.com

Baca Juga:  Rudal Hipersonik Zircon Rusia Capai Kecepatan 8 Kali Suara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan