VZ-9 Avrocar Proyek Rahasia Pesawat Piring Terbang UFO

Piring terbang atau UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang misterius bagi kalangan penikmat dunia alutsista militer diyakini adalah proyek rahasia milik militer Amerika Serikat. UFO ini banyak dilaporkan penampakanya pada masa perang dingin.

Sayangnya, pemerintah AS cendurung pasif dalam merespon isu UFO ini. Pemerintah AS yang pada saat itu membuat daerah rahasia Area 51 untuk menguji sejumlah pesawat canggih pun justru menyebabkan teori UFO semakin menyeruak.

Walhasil banyak teori tentangnya dan bahkan ada memiliki fans resmi pemburu UFO.

Pada dekade 1950an kesengsem, AS meluncurkam proyek rahasia tentang pesawat supersonik berkecepatan tinggi dan bisa bermanuver ekstrem untuk mencegat pesawat-pesawat milik Soviet yang terkenal soal kecepatan dan kemampuan bermanuver lebih lincah.


Salah satunya adalah rahasia Proyek Y yang kemudian diserahkan ke AD AS dengan nama VZ-9 Avrocar.

VZ-9 sendiri dimaksudkan sebagai wahana pengujian konsep pesawat yang dibuat dengan memanfaatkan prinsip Coanda, yaitu tendensi dimana aliran udara akan tetap menempel pada permukaan cekung, dimana udara yang dikeluarkan dari kipas di tengah mesin akan mengalir ke permukaan yang lebih rendah di sekelilingnya, menciptakan gaya angkat yang kontinyu.
Purwarupa VZ-9 sendiri digagas oleh perusahaan De Havilland Canada dengan kepala desainnya Jack Frost. Tim De Havilland menciptakan bentuk pesawat yang nyeleneh, seperti donat dengan mesin turbofan dengan 124 bilah yang ditaruh di tengahnya. Dari atas terlihat seperti piring terbang, dengan bagian atas yang lebih melengkung dibandingkan bawahnya.
Diameter VZ-9 mencapai 5,5 meter dan tebalnya 1,1 meter, ditenagai dengan mesin Continental J-69-T9 sebanyak tiga buah. Untuk mengendalikan VZ-9 disiapkan satu kokpit yang letaknya justru di pinggiran piringan. Pilot bisa mengendalikan VZ-9 dengan terbang ke samping kiri dan kanan, atau melaju ke depan. Lepas landas dan mendarat bisa dilakukan secara vertikal.

Baca Juga:  Hakim di Amerika Perintahkan Iran Bayar 83 Triliun Kepada Korban 9/11

Karena bentuknya yang aneh itu, VZ-9 memiliki kestabilan yang buruk dan pilot harus pintar mengendalikannya, mengingat belum ada sistem fly by wire pada dekade itu. VZ-9 sendiri sukses melakukan penerbangan Perdana pada 12 November 1959, namun terlalu banyak masalah yang merundung purwarupa itu. Upaya pembenahan, termasuk pembesaran ukuran dan penggantian mesin sudah dicoba namun tidak banyak peningkatan.
Akhirnya, proyek VZ-9 kemudian dibatalkan hanya dengan sedikit jam terbang yang dilakukan. Avrocar tidak bisa diterbangkan dengan aman di udara dan desainnya yang gemuk menyebabkannya sulit mencapai kecepatan tinggi. Apakah kemudian AS meneruskan percobaan membuat kendaraan seperti Avrocar yang kemudian berhasil mencapai apa yang tidak berhasil dicapai oleh tim De Havilland dan kemudian itulah yang dilihat oleh orang-orang? Kebenarannya ada di luar sana.


(UC News/Aryo Nugroho)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan