Walau Turun Nilainya, Anggaran TNI Tahun 2018 Tetap Yang Paling Besar

Pemerintah menetapkan pagu anggaran tahun 2018 pada 15 kementerian dan lembaga besar. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang membawahi TNI mendapat pagu yang paling besar, yaitu mencapai Rp 106,9 triliun. Meski demikian, jumlah pagu anggaran untuk Kemenhan tahun 2018 lebih rendah dibandingkan tahun 2017 ini yang mencapai Rp 108 triliun. 

Setelah itu disusul oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebesar Rp 106 triliun. Pagu anggaran Kementerian PUPR tahun depan lebih tinggi dibandingkan tahun ini yang hanya Rp 101,5 triliun.

Pagu anggaran untuk Polri tahun 2018 tercatat sebesar Rp 76,5 triliun, lebih kecil dari pagu anggaran tahun ini yang mencapai Rp 84 triliun.


Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani tak banyak berkomentar mengenai hal tersebut. Namun menurutnya Kemenhan akan fokus pada peralatan perang dalam rangka mempertahankan negara sehingga mendapatkan anggaran paling besar. Sementara Kementerian PUPR memiliki beberapa program utama di bidang infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah.


“Kemenhan akan fokus pada alutsista (alat utama sistem persenjataan) untuk pertahanan negara,” ujar Askolani, Rabu (12/4).

Baca Juga:  16 Tank Leopard Tiba Lagi Di Indonesia

2 Komentar

Tinggalkan Balasan