Warga Turki Desak Tangkap Prajurit Militer Amerika di Incirlik

Pihak berwenang Turki didesak untuk menangkap para tentara Amerika Serikat (AS) yang bertugas di Pangkalan Udara Incirlik. Para tentara Washington itu dituduh memiliki hubungan dengan gerakan di balik upaya kudeta militer tahun 2016.

Desakan tersebut disuarakan para pengacara dari Asosiasi untuk Keadilan Sosial dan Bantuan, sebuah kelompok pengacara pro-pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Desakan secara tertulis itu disampaikan ke Kepala Kejaksaan di Adana. Dokumen seruan penangkapan tersebut diterbitkan secara online oleh Stockholm Center for Freedom, sebuah kelompok jurnalis Turki yang diasingkan.

Para pengacara menuduh militer AS berusaha untuk menghancurkan tatanan konstitusional melalui kegiatan mereka dengan gerakan yang dipimpin oleh Fethullah Gulen, ulama Turki yang tinggal di AS. Gulen, teman yang berubah jadi musuh Erdogan, dituduh pemerintah Ankara berada di balik upaya kudeta militer yang gagal pada 15 Juli 2016.


“Kami ingin ada penangkapan terhadap tentara Amerika terkait hubungan serius dengan FETO (Gerakan Gulen) atau dengan kata lain teror global Amerika,” kata Muhammed Gömük, presiden TayDer (Asosiasi untuk Keadilan Sosial dan Bantuan) kepada Russia Today, yang dilansir Minggu (12/8/2018).

Menurutnya, ada 12 orang dicurigai terlibata dalam upaya kudeta militer. “Kami percaya bahwa semua kesalahan adalah (terbukti) benar, tentu saja, karena kami memberikan bukti yang sangat kuat,” ujarnya.


Gomuk mengatakan, penyelidikan bisa menyebar ke banyak pejabat Amerika, termasuk tentara, personel kedutaan dan konsulat. Dia menyebut John Bass, mantan duta besar AS di Turki, mengklaim telah mengobrol dengan tim kudeta. Bukti itu ada dalam rekaman video.

Baca Juga:  Pemberontak Houthi Yaman Tembak Kapal Perang Milik UEA

Kelompok pengacara itu juga menyerukan pihak berwenang mengeluarkan surat perintah penyiataan untuk pangkalan Incirlik untuk mengumpulkan bukti. Incirlik merupakan basis untuk operasi tempur AS melawan kelompok ISIS. Pangkalan tersebut merupakan rumah bagi sekitar 2.200 orang Amerika, termasuk para personel militer. (sumber: sindonews.com)

Letak lokasi pangkalan udara incirlik dalam titik biru

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan