Waspada Serangan Iran, Amerika Siagakan 6 Pembom B-52 di Diego Garcia

Diego Garcia pulau kecil di tengah samudera Hindia ini pernah dicurigai sebagai tempat disembunyikan pesawat MH-30 milik Malaysia yang hilang di Samudera Hindia.

Kali ini nama Diego Garcia kembali mencuat. Pangkalan udara milik Inggris ini sekarang sedang menampun enam pengebom strategis B-52H Stratofortress

Penempatan tersebut dimulai dengan keberangkatan dua B-52H pertama dari Barksdale AFB, dengan callsign MYTEE 51 dan MYTEE 52. Empat pesawat berikutnya akan diberangkatkan dalam beberapa hari ke depan.

Penempatan ini sebagai antisipasi balasan Iran atas pembunuhan komandan Pasukan Al-Quds, Jenderal Qasem Soleimani minggu lalu.

Keenam pesawat tersebut dapat digunakan dalam operasi melawan Iran apabila perintah diberikan, namun penempatan di Diego Garcia bukan berarti sudah ada keputusan untuk melancarkan serangan terhadap Iran.

Pulau Diego Garcia pernah dijadikan sarang bagi pesawat tempur AS selama perang dengan Irak untuk menggulingkan Saddam Hussein.

Lokasinya emang bisa langsung menuju ke Laut Teluk ataupun membom ke wilayah Iran. Diego Garcia juga merupakan pangkalan yang aman dalam skenario konflik dengan Iran, karena berada di luar jangkauan persenjataan misil balistik Iran.

Baca Juga:  Pangdam Cenderawasih: Gak Usah Pedulikan HAM dalam pembasmian KKB di Papua

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan