Xi Jinping: China Tidak Takut Negara Manapun

Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa negaranya tidak pernah takut dengan ancaman dari negara lain. China siap menghadapi negara manapun di dunia dalam upaya mempertahankan wilayah kedaulatanya.

Xi juga menyatakan bahwa mereka siap berperang jika negara lain menggunakan kekerasan. Perang harus dilakukan untuk mencegah invasi, dan kekerasan harus dihadapi dengan kekerasan.

“Jika situasi seperti itu terjadi, kami pasti akan menghadapinya secara langsung,” ujar Xi dalam sebuah pernyataan saat acara peringatan 70 tahun tentara Relawan Rakyat China (CPV) masuk ke Korea Utara (Korut) dalam Perang untuk Melawan Agresi AS dan Membantu Korea.

Saat ini China berada dalam ketegangan dengan Amerika Serikat (AS), Australia, dan India. Mulai dari perebutan wilayah di Laut China Selatan sampai tuduhan bahwa Beijing membiarkan virus corona jenis baru sejak Desember 2019.

Sementara, ketegangan dengan India terjadi karena China brada dalam pertempuran yang meningkat di sepanjang Garis Kontrol Aktual, perbatasan de facto dekat wilayah Himalaya di Ladakh di Jammu dan Kashmir yang disengketakan, di mana 20 tentara India tewas Juni ini. Sejak saat itu, serangkaian pertemuan telah dilakukan antara kedua negara tetapi belum berhasil mencapai kesepakatan untuk meredakan masalah.

Baca Juga:  Pesawat Tempur MiG-29M Mesir Jatuh

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan