XQ-58A Valkyrie Alami Kerusakan Saat Mendarat dalam Ujicoba Penerbangan Ketiga

Pada tanggal 9 Oktober 2019, XQ-58A Valkyrie telah menyelesaikan ujicoba penerbangan yang ketiga kalinya dalam program Low Cost Attritable Strike Demonstration.

Dalam penerbangan yang dilakukan selama 90 menit, XQ-58A lepas landas dengan sempurna dan berhasil mencapai 56/56 baseline test point dengan dua test point tambahan dengan adanya sisa bahan bakar setelah menyelesaikan misi. Pesawat kemudian mengurangi ketinggian secara nominal menggunakan canopy system.

Saat berada di tahap final descent, prototype cushion system yang dibawa UAV tersebut mengalami anomali dan digabung dengan kondisi high surface wind, menyebabkan terjadinya kerusakan kepada UAV waktu touchdown.

XQ-58A, seperti drone-drone yang telah didesain perusahaan Kratos sebelumnya dirancang untuk dapat diperbaiki dan digunakan kembali dengan cepat bila mengalami kerusakan. Kerusakan yang dialami telah dievaluasi dan dinilai masih bisa diperbaiki. Kratos akan menyelesaikan masalah cushion system ini sebelum ujicoba penerbangan yang keempat.

Pada akhirnya, fungsi dari ujicoba adalah menyelesaikan masalah apapun yang ada sebelum full operational capability tercapai. Ujicoba terbang ketiga ini telah mencapai tujuannya dengan mengembangkan envelope ujicoba dan menguji lebih jauh kapabilitas terbang Valkyrie. Data yang berharga telah dikumpulkan dan pelajaran akan ditarik dari mishap yang telah terjadi.

Valkyrie adalah bagian dari konsep Loyal Wingman yang sedang dikembangkan AFRL, dimana Q-58 nantinya akan beroperasi di bawah komando pesawat berawak seperti F-35 dan F-22. Valkyrie ditujukan untuk menjadi UCAV dengan biaya operasi dan pembelian yang rendah, sehingga bersifat attritable.

Baca Juga:  India Uji Coba Rudal Brahmos Versi Pesawat Tempur

Sumber:
-Hex/Lighting Ii Chan

http://ir.kratosdefense.com/news-releases/news-release-details/kratos-xq-58a-valkyrie-completes-flight-3-successfully-executes

https://www.wpafb.af.mil/News/Article-Display/Article/1985671/xq-58a-expands-performance-envelope-during-third-test-flight-aircraft-damaged-a/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan