10 Tahun Iron Dome Hancurkan 2.500 Target

Sistem pertahanan Iron Dome Israel telah merayakan 10 tahun beroprasi dan telah 2.500 target berhasil di hancurkan, pada 7 April 2021 diumumkan keberhasilan sistem dalam melindungi Israel dari ancaman roket, drone hingga mortir.

Iron Dome dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems sejak tahun 2007 lalu dan selesai dalam waktu tidak kurang dari 3 tahun lamanya, kata juru bicara Rafael.

Penting untuk dipahami bahwa pada saat itu Israel sangat rentan terhadap jenis ancaman yang dikembangkan oleh kelompok yang didukung Iran seperti Hizbullah, dimana Iran memasok kelompok itu dengan rudal/roket tua, 107mm dan 122mm dari roket Katyusha dan roket Grad contohnya.

Iron Dome disebutkan bekerja dengan baik selama konflik dengan Hamas pada 2012, dan terus melayani negara dalam konflik pada tahun 2014 dan terus meningkat sejak saat itu. Sistem ini sekarang dapat menghadapi berbagai jenis ancaman, dari amunisi jarak sangat pendek hingga amunisi berpemandu presisi, drone, dan rudal jelajah.

Dalam laporan resmi IDF (Israel Defense Force) disebutkan Iron Dome memiliki success rate sebesar 85%-90% dalam menghancurkan target. Saat ini Israel mengoprasikan 10 baterai Iron Dome yang disebarkan pada seluruh wilayah Israel, dimana sistem ini mampu menjangkau target hingga jarak 70 km.

Baca Juga:  Rencana Amerika Serikat Setelah Kalah Perang di Suriah Melawan Rusia

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan