2000 Pasukan Oposisi Suriah Dikirim Turki ke Libya

Dua ribu pejuang oposisi Suriah telah melakukan perjalanan melalui Turki ke Libya untuk bertarung bersama dengan Pemerintahan Government National Accord/ (GNA) yang didukung PBB melawan pasukan panglima perang Khalifa Haftar, sebagaimana dilaporkan oleh surat kabar yang berbasis di Inggris, Guardian mengungkapkan hari ini.

Pengerahan para pejuang terjadi di tengah spekulasi dan ketidakpastian mengenai jumlah pejuang yang telah tiba di Libya setelah Turki dijamin secara militer membantu pemerintah Libya. Ada laporan bahwa hanya 35 perwira Turki telah dikirim ke Tripoli untuk memberi saran dan melatih pasukan GNA, tetapi kini telah diturunkan menjadi jauh lebih banyak, dengan penyebaran telah dilakukan secara bertahap sejak Desember tahun lalu daripada dalam satu batch.

Pada 24 Desember ada penyebaran awal 300 pejuang yang melakukan perjalanan ke Turki melalui daerah perbatasan Hawar Kilis di barat laut Suriah, diikuti oleh 350 lebih lanjut pada tanggal 29 Desember. Mereka kemudian diterbangkan ke ibukota Libya, Tripoli, di mana mereka ditempatkan di garis depan di sebelah timur kota yang terancam punah.

Pada tanggal 5 Januari, 1.350 pejuang lainnya telah ditempatkan di kamp-kamp pelatihan di Turki selatan untuk dikirim ke Libya. Satu sumber mengatakan kepada surat kabar bahwa para pejuang Suriah akan bersatu menjadi sebuah divisi militer yang dinamai Omar Al-Mukhtar, Pahlawan Legendaris Libya.

Baca Juga:  Berikut Keterangan Resmi Pentagon Soal Serangan ke Suriah

Meskipun para pejuang diangkut oleh Turki, mereka tidak didaftarkan oleh militer Turki tetapi sebaliknya telah menandatangani kontrak enam bulan dengan GNA yang memberi mereka masing-masing $ 2.000 per bulan. Mereka juga diduga telah ditawari kebangsaan Turki sebagai imbala.

Turki juga menanggung tagihan medis untuk setiap prajurit yang terluka dan telah mengambil tanggung jawab untuk memulangkan pejuang yang mati; empat dilaporkan telah terbunuh dan dikembalikan ke Suriah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan