Kata Rusia, Indonesia Enggak Punya Duit Untuk Beli Su-35

Apa sebab masalah dari polemik panjang pembelian Sukhoi Su-35 dari Rusia oleh Indonesia? ternyata jawabnya karena Indonesia enggak punya duit untuk beli 11 pesawat Sukhoi Su-35.

Masalah kesulitan finansial tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Rusia di Jakarta. Tapi dikatakanya sudah selesai.

“Tentunya, itu menjadi salah satu masalah teknis yang ada tapi semuanya bisa diselesaikan,” ucap Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (12/2).

Kontrak pembelian pesawat Sukhoi Su-35 totalnya senilai Rp16,75 triliun dan pihak Rusia mengatakan akan tetap menunggu kelanjutanya.

Sejak awal rencana pembelian itu memang ingin melakukan pembelian 11 Sukhoi ini dengan skema imbal hasil dagang, yakni 50 persen dari pembelian dibayar dengan komoditas Indonesia seperti minyak sawit, kopi, hingga tembakau.

Selain itu, syarat pembelian Su-35 ini adalah memberikan hak kepada Indonesia untuk membangun pabrik suku cadang Sukhoi di Tanah Air dengan harapan akan ada transfer teknologi juga dalam kontrak ini.

Skema itu disebut baru pertama kali diterapkan Indonesia dalam kontrak pembelian Sukhoi ini.

Rusia mengatakan masalah finansial menjadi salah satu hal teknis yang menghambat proses pembelian 11 Sukhoi Su-35 oleh Indonesia.

Akhir November lalu, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menuturkan akan mengkaji ulang rencana pembelian Sukhoi ini, terutama dari sisi efisiensi anggaran dan keuntungan yang diperoleh Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kata Rusia, Indonesia Enggak Punya Duit Untuk Beli Su-35"