KSAU Akan Percepat Upgrade 9 Pesawat F-16 TNI AI

Kesuksesan uji coba F-16 TNI AU yang telah diperbaharui dan dipiloti Dwayne “Pro” Opella di Apron Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020) mendorong Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna untuk mendorong percepatan upgrade sembilan pesawat tempur F-16A/B Block 15 OCU lainya.

“Pihak-pihak terkait dapat meningkatkan kerjasama lebih baik lagi, sehingga sembilan pesawat lainnya dapat segera kembali terbang di angkasa,” ujar KSAU dalam keterangan tertulis, Rabu (19/2/2020).

Marsekal Yuyu optimistis keberhasilan upgrade perdana tersebut dapat diikuti sembilan pesawat tempur F-16 lainnya.

Seperti diketahui, TNI Angkatan Udara (AU) telah sukses melaksanakan uji coba pesawat tempur F-16A/B Block 15 OCU hasil pembaruan yang dipiloti Dwayne” Pro” Opella di Apron Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Selasa lalu.

Ini menjadi bukti pencapaian, bahwa anak bangsa juga mampu untuk meng-upgrade secara mandiri pesawat tempur yang dimiliki Indonesia.

Yuyu mengatakan, pesawat tempur F-16 berhasil diperbarui dalam program Enhanced Mid-Life Update (eMLU) – The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon STAR) yang dilakukan oleh anggota TNI AU dibantu PT Dirgantara Indonesia. Di mana dalam proyek ini juga melibatkan Lockheed Martin, pengawas dari pabrik pesawat F-16 di Amerika Serikat.

Program Falcon Star dan eMLU bertujuan untuk meningkatkan kemampuan airframe, avionic, dan armament system pesawat F-16A/B Block 15 OCU, serta memaksimalkan usia pakainya menjadi 8.000 actual flying hours.

Posting Komentar untuk "KSAU Akan Percepat Upgrade 9 Pesawat F-16 TNI AI"