Jerman dan Perancis Kerjasama Bikin Tank MBT Buat Gantiin Tank Leopard

Prancis dan Jerman telah menandatangani perjanjian untuk mengembangkan tank kelas berat (MBT) generasi berikutnya untuk melengkapi pasukan mereka pada 2030-an, berita ini rilis Kementerian Pertahanan Jerman pada Rabu 29/04/2020.

Proyek ini diberi nama Main Ground Combat System (MGCS) adalah proyek pembuatan tank kelas berat (Main Batle Tank) antara kedua tetangga, Jerman dan Perancis. Kesepakata mencakup apa yang disebut “perjanjian kerangka kerja” yang menjabarkan bagaimana proyek akan diatur, serta “pengaturan implementasi” yang menetapkan spesifikasi untuk kendaraan tempur baru.

Kedua perjanjian ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly dan Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer.

“Dengan proyek ini, Jerman dan Prancis mengirimkan sinyal penting bagi kerja sama Eropa dalam kebijakan pertahanan,” kata kementerian itu.

Proyek ini akan dipimpin oleh Jerman, dengan Berlin dan Paris masing-masing menanggung setengah dari biaya. “Tujuan dari proyek ini untuk membuat Tank baru menggantikan tank Leopard 2 Jerman dan tank Leclerc Prancis dari pertengahan 2030-an,” menurut Menteri Pertahanan Prancis.

Posting Komentar untuk "Jerman dan Perancis Kerjasama Bikin Tank MBT Buat Gantiin Tank Leopard"