Presiden China Nyatakan Siap Perang Demi Laut China Selatan

Presiden China, Xi Jinping, telah menyatakan bahwa negaranya siap perang demi mempertahankan klaim wilayah di Laut China Selatan.

Presiden Xi telah memerintahkan militer untuk meningkatkan kekuatan di wilayah Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan.

“Penting untuk memperkuat misi dan memusatkan persiapan berperang. Kita perlu mempertimbangkan semua situasi kompleks dan membuat rencana darurat yang sesuai,” ujar Xi dalam pidatonya yang disiarkan lembaga penyiaran negara, CCTV dan South China Morning Post.

“Kita harus meningkatkan latihan kesiapan tempur, latihan bersama, dan latihan konfrontasi untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan persiapan untuk perang,” ujarnya menambahkan.

Xi melakukan kunjungan ke komando militer sebagai bagian dari agenda empat hari perjalanannya ke Provinsi China Selatan yang berbatasan langsung dengan Taiwan dan Laut China Selatan.

Kunjungannya kali ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan di tengah hambatan ekonomi dan meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.

Pengamat militer dari Nanyang Technologi University Singapura Collin Koh mengatakan ucapan Xi kali ini menyiratkan sikap modal dan penegasan kembali klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan.

“Kemungkinan ini dimaksudkan sebagai sinyal khusus kepada AS dan semua pihak yang Beijing anggap sebagai penyebab provokasi (di perairan yang disengketakan),” ujar Koh, peneliti studi internasional Nanyang University.

Pidato Xi juga ancaman bagi Taiwan jika tetap tidak mau mengakui Beijing.

Posting Komentar untuk "Presiden China Nyatakan Siap Perang Demi Laut China Selatan"