Setelah Suriah, Turki Arahkan Ekspansi Neo Utsmaniyah ke Libya

Minggu ini, dukungan militer Turki yang besar akhirnya memungkinkan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya meraih beberapa kemenangan dalam pertempuran melawan Tentara Nasional Libya (LNA).

Pada 18 Mei, pasukan GNA, tentara bayaran Turki asal Suriah yang didukung oleh pasukan khusus Turki dan melancarkan serangan udara melalui drone dan helikopter untuk merebut Pangkalan Udara Watiya di bagian barat laut negara itu.

Pasukan LNA berhasil dipukul mundur darinya setelah beberapa hari bentrokan di daerah terdekat. Mereka meninggalkan Pantsir-S1 yang dipasok oleh Uni Emirat Arab (UEA), beberapa unit helikopter militer Mi-35 dan sejumlah besar amunisi. Pertahanan LNA di pangkalan udara dirusak oleh kampanye pengeboman selama seminggu oleh artileri dan pesawat tempur pasukan dukungan Turki.

Selain itu, sumber-sumber pro-Turki mengklaim bahwa serangan drone menghancurkan sistem pertahanan udara Pantsir-S1 lain di dekat Sirte dan bahkan sistem perang elektronik elektronik Krasukha buatan Rusia. Menurut laporan Turki, semua peralatan ini dipasok ke Angkatan Darat Libya oleh UEA. Sumber-sumber Turki secara teratur melaporkan tentang serangan drone yang sukses terhadap konvoi Militer Libya dengan puluhan tank tempur. Beberapa dari ‘konvoi militer’ ini kelihatannya adalah truk berisi semangka.

Bagaimanapun, berbulan-bulan upaya militer Turki, ribuan gerilyawan Suriah yang dikerahkan dan ratusan kendaraan lapis baja yang dipasok ke GNA akhirnya membuahkan hasil. Pangkalan Udara Watiya adalah pangkalan operasional LNA yang selama ini digunakan dalam upaya merebut di kota Tripoli.

Jika LNA tidak mengambil kembali pangkalan udara dalam waktu dekat, seluruh sisi barat daya Tripoli mungkin runtuh. Ini juga akan kehilangan semua peluang untuk mengepung kota itu. Menurut sumber pro-Turki, target selanjutnya dari kemajuan yang dipimpin Turki pada posisi LNA adalah Tarhuna. Awal tahun ini, pasukan GNA yang didukung Turki sudah gagal merebut kota. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk melakukan serangan lagi.

Ini bisa meningkatkan eskalasi perang di Libya utara dan memaksa UEA dan Mesir, pendukung utama LNA, untuk meningkatkan dukungan mereka. Blok UEA-Mesir juga dapat mengandalkan dukungan diplomatik dari Rusia. Hingga saat ini, Moskow lebih suka menghindari keterlibatan langsung dalam konflik ini karena dapat merusak keseimbangan kepentingan Rusia dan Turki. Kontraktor militer swasta Rusia yang beroperasi di Libya mewakili kepentingan ekonomi pengusaha minyak Rusia daripada kepentingan kebijakan luar negeri negara Rusia.

Selain itu, Turki, yang didukung oleh Qatar dan beberapa negara anggota NATO, telah mengumumkan rencananya untuk memulai eksplorasi minyak dan gas di lepas pantai Libya. Ankara sekarang terang-terangan dan tidak lagi menyembunyikan maksud dan tujuan sebenarnya dari operasi militernya di Libya. Dengan demikian, konflik politik internal putra bangsa Liya telah berubah menjadi konfrontasi terbuka antara negara asing yang ingin menguasai minyak Libya.

Fakta lain yang menarik adalah bahwa meningkatnya aktivitas militer Turki di Libya berlangsung di tengah penurunan aktifitas militer Turki di Suriah. Selama ribuan tentara bayaran Suriah dikirim ke Libya. Turki telah menurunkan tensi perangnya di Idlib dalam melawan pemerintahan Bashar Ashad.

Dalam kondisi ini, alasan Turki untuk perang melawan Suku Kurdi di Idlib menjadi sangat dipertanyakan. Bahkan sekarang Turki malah bekerja sama dengan kelompok teroris Al-Qaeda di Idlib untuk melanggengkan kekuasaanya di provinsi milik Suriah yang kaya minyak itu.

Turki telah menggandeng kelompok Hayat Tahrir al-Sham yang terang dan jelas terafiliasi dengan AL-Qaeda untuk mempertahankan kekuasaanya di provinsi milik Suriah ini. Rencananya Hayat Tahrir al-Sham untuk menciptakan negara-kuasi lokal di wilayah ini dan memperluas basis keuangannya sendiri dengan memperketat cengkeraman kehidupan ekonomi dan sosial di wilayah tersebut, dengan jalan ini, pasokan minyak ke Turki akan tetap aman dengan harga murah.

Langkah pemerintah Turki dalam membangun ekonomi saat ini mendapat banyak kritikan para pemerhati militer di Eropa, tampaknya dalam kondisi ekonomi yang sulit saat ini Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menghidupkan lagi ekspansi “Neo-Ottoman” dengan menyerang negara-negara tetangga yang sedang konflik untuk menyerap minyak dari Suriah dan Libya.

Sumber: Southfront.org

Posting Komentar untuk "Setelah Suriah, Turki Arahkan Ekspansi Neo Utsmaniyah ke Libya"