China Gelar Kekuatan Militer di Kawasan Sengketa Laut China Selatan

China akan menggelar kekuatan militer di wilayah yang disengketakan di sekitar kepulauan Paracel di Laut China Selatan. Hal tersebut diumumkan oleh
Badan Keselamatan Maritim Tiongkok pada hari Minggu (28/06).

Kepulauan Paracel adalah gugusan pulau strategis di Laut China Selatan yang diperebutkan oleh 4 negara. China, Vietnam, Filipina dan Malaysia.

Gelar armada militer ini adalah dalam rangka latihan militer yang akan diadakan dari tanggal 1 hingga 5 Juli, dan menurut pengumuman tersebut, semua kapal internasional dilarang berlayar di daerah itu selama periode itu.

Aksi ini jelas akan memanaskan reaksi militer dan politik di kawasan. Selain bisa memprovokasi Vietnam, jalur laut internasional akan ditutup sepihak oleh China selama latihan dan akan merugikan perdagangan dunia.

China sepertinya ingin menunjukkan diri bahwa mereka punya kuasa penuh atas Laut China Selatan dengan garis Nine Dash-nya. Amerika Serikat sendiri telah memperingatkan China bahwa kawasan tersebut adalah kawasan bebas internasional yang tidak bisa diklaim oleh satu negara.

Tapi China bergeming, pada bulan April lalu mengumumkan pembentukan distrik administratif baru di Laut Cina Selatan – satu berkedudukan di Paracel dan yang lainnya Kepulauan Spratly.

Posting Komentar untuk "China Gelar Kekuatan Militer di Kawasan Sengketa Laut China Selatan"