GNA Libya Sokongan Turki Rebut Bandara Tripoli Dari LNA

Pada 3 Juni, Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang didukung Turki mengumumkan serangan ofensif untuk merebut Bandara Tripoli dari Tentara Nasional Libya (LNA) dan mendorong posisi LNA kembali dari pinggiran selatan kota Tripoli.

Pejuang GNA dan anggota kelompok militan Suriah pro-Turki yang didukung oleh militer Turki menyerang bandara dari arah selatan dan barat dan pada malam hari pada hari yang sama mengambil kendali. Pasukan LNA hanya menunjukkan sedikit perlawanan terhadap pasukan yang didukung maju Turki tersebut dan bahkan meninggalkan beberapa peralatan militer di wilayah bandara.

“Pasukan kepahlawanan kami telah membebaskan seluruh Bandara Internasional Tripoli, dan pasukan kami mengejar sisa-sisa milisi Haftar, yang melarikan diri ke arah Qasr bin Ghashir,” kata Kolonel Mohamad Qununu, juru bicara ruang operasi “Anger Volcano”.

Sehari sebelumnya, pasukan GNA menyerang konvoi pasukan LNA di belakang garis depan di Tripoli selatan menghancurkan setidaknya 3 kendaraan. Ini menjadi indikasi pertama bahwa pertahanan LNA telah runtuh. Koordinasi antara berbagai unit LNA terputus.

Pada 4 Juni, GNA dan sekutunya meluncurkan serangan terhadap posisi LNA di Qasr bin Ghashir yang mencapai sekitar barat kota. Lebih dari selusin serangan drone menargetkan kota selama 24 jam terakhir. Sumber-sumber Pro-LNA mengklaim bahwa serangan ini menewaskan sejumlah warga sipil.

Menurut sumber pro-GNA, 15 anggota LNA terbunuh dalam bentrokan baru-baru ini. Sumber Pro-LNA mengatakan bahwa 7 pejuang GNA ditembak mati.

Jika pasukan yang dipimpin Turki mampu menguasai Qasr bin Ghashir, maka posisi LNA di Ibukota Tripoli akan runtuh sepenuhnya dan hanya Bandara Sidi Salih dan Tarhuna yang akan tetap sebagai benteng utama pasukan yang setia pada Panglima LNA Khalifa Haftar.

Pada 4 Juni, Haftar tiba di Kairo untuk bertemu dengan perwakilan pemerintah Mesir, salah satu dari dua pendukung utama LNA, yang lain adalah Uni Emirat Arab. Meskipun demikian, tidak seperti Turki, Mesir dan UEA tidak mau secara terbuka menggunakan militer mereka untuk mendukung sekutu mereka dalam konflik Libya. Ini yang bikin LNA kalah.

Posting Komentar untuk "GNA Libya Sokongan Turki Rebut Bandara Tripoli Dari LNA"