Korea Selatan Kembangkan Rudal ASM Supersonik Untuk Senjata Pesawat KF-X

Korea Selatan (Korsel) enggak main-main dalam mempersenjatai pesawat pesawat tempur multirole Korean Fighter eXperimental (KF-X) yang akan jadi andalan di masa depan.

Selain sistem avionik yang mencapai kelas 4,5G. Media berita janes.com melansir bahwa Kepala Staff Gabungan (JCS) Militer Korsel sedang merencanakan untuk menyiapkan rudal udara ke permukaan (ASM) dengan kecepatan supersonik untuk membuatnya lebih menakutkan.

Rudal ASM ini melaju melebihi kecepatan suara Mach 2.5, beratnya kurang dari 3.000 lb (1,36 ton) dan memiliki jangkauan 250 km. Informasi lebih rinci masih dirahasiakan.

Senjata lain yang akan dipasang di KF-X juga sangat sangar. Beberapa rudal yang bisa diangkut pesawat ini antara lain:
Raytheon GBU-12 Paveway II, Boeing GBU-31/38 Joint Direct Attack Munition (JDAM), GBU-54/56 Laser JDAM, dan GBU-39/B Small Diameter Bomb1 (SDB1), juga Textron Wind Corrected Munitions Dispenser (WCMD) CBU-105 semuanya telah dipilih untuk diintegrasikan dengan KF-X.

Untuk rudal udara ke udara jarak dekat (SRAAM) telah dipilih sistem IRIS-T buatan Diehl Defense Jerman.

Pada jarak menengah MBDA Missile Systems telah mengumumkan pada November 2019 bahwa mereka telah diberikan kontrak untuk integrasi rudal beyond visual range air-to-air missile (BVRAAM) Meteor-nya dengan KF-X.

Proses integrasi untuk bom pintar dan perangkat pemandu, yang semuanya sudah operasional dalam RoKAF, akan dimulai akhir tahun ini, dengan integrasi penuh diharapkan selama enam hingga tujuh tahun mendatang.

Posting Komentar untuk "Korea Selatan Kembangkan Rudal ASM Supersonik Untuk Senjata Pesawat KF-X"