F-16 TNI AU Mampu Tembak 4 Sasaran Tanpa Melihat Setelah Upgrade

Kemampuan dua pesawat tempur F-16A/B Blok 15 yakni TS-1610 dan TS-1601 milik TNI Angkatan Udara (AU) meningkat tajam setelah menjalani upgrade dalam Program Falcon Star eMLU di Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi, Madiun Jawa Timur.

Salah satu upgrade adalah, F-16 tersebut sekarang mampu membawa senjata-senjata modern dan mematikan seperti, Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C, Air Intercept Missile AIM-9 X, Laser JDAM, Air to Ground Missile AGM-65 D/G dan Advanced Targeting Pod.

Lalu kemudian upgrade radar terbaru dengan, ALR-69 Radar Warning Receiver (RWR), ALQ-213 Electronic Warfare Management System (EWMS), ALE-47 Countermeasures.

Salah satu yang paling vital adalah radar baru APG-68(V)9. Radar untuk mendeteksi benda di udara punya jarak jangkau yang lebih luas sampai 30%.

Radar ini juga memiliki beberapa fitur baru antara lain, dapat melakukan akuisisi beberapa target sekaligus untuk penembakan rudal dari udara ke udara.

“Secara khusus peningkatan kekuatan radar adalah salah satu hal yang menjadi game changer. Sehingga pesawat dapat mengunci dan menembak empat target udara secara simultan,” ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat penyerahan dua pesawat F-16 program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) Kementerian Pertahanan (Kemhan) di Skadron 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Jumat (28/8/2020).

Hadir dalam serah terima ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa, Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Fadjar Adriyanto.

Tidak hanya itu, kata Fadjar, pesawat ini juga mampu menembak target tanpa harus melihat. “Pesawat ini membawa smart ammunition, bisa melakukan penembakan tanpa melihat dan juga punya kamera yang super canggih yang bisa melihat secara detail. Sangat-sangat presisi,” tegasnya.

Posting Komentar untuk "F-16 TNI AU Mampu Tembak 4 Sasaran Tanpa Melihat Setelah Upgrade"