Amerika Serahkan 4 Pesawat Super Tucano Untuk Afghanistan

Amerika Serikat dilaporkan oleh defpost.com telah menyerahkan 4 pesawat A-29 Super Tucano untuk AU Afghanistan. Penyerahan ini adalah bagian dari program Resolute Support Mission yang dipimpin NATO.

“Saat kami menerima pesawat ini, itu adalah pesan bahwa NATO berkomitmen pada Pasukan Afghanistan,” kata penjabat Menteri Pertahanan Asadullah Khalid dalam sebuah upacara di Kabul pada 17 September 2020.

“Selama masa-masa penting ini contoh yang baik dari kerjasama yang berkelanjutan, dan menunjukkan ini akan terus berlanjut sampai kekalahan terorisme di negara dan kawasan ini.

“A-29 adalah pesawat interdiksi udara dan serang udara jarak dekat tercepat dan terkuat yang dimiliki oleh AU Afghanistan saat ini. AS sekarang telah memasok total 18 pesawat A-29 untuk AU Afghanistan sejak 2016, dan berencana akan menyerahkan enam pesawat tambahan pada Februari 2021.“Saya mengucapkan selamat kepada Anda semua karena telah menerima pesawat baru ini,” kata Menteri Khalid kepada sekelompok besar pilot dan pejabat keamanan.

Saya berharap mereka akan terbang siang dan malam jika diperlukan untuk mempertahankan negara kita.Embraer EMB 314 Super Tucano, yang juga dinamai ALX atau A-29, adalah pesawat serang dan intai ringan turboprop yang dirancang dan dibangun oleh Embraer Brasil sebagai pengembangan dari pesawat latih Embraer EMB 312 Tucano.

Pesawat tersebut dapat membawa berbagai macam senjata, termasuk amunisi presisi berpemandu, dan dirancang untuk menjadi sistem yang berbiaya rendah yang dioperasikan di lingkungan dengan tingkat ancaman yang rendah.

Selain pembuatannya di Brasil, Embraer telah menyiapkan jalur produksi di Amerika Serikat bekerjasama dengan Sierra Nevada Corporation (SNC) untuk pelanggan ekspor A-29. A-29 adalah satu-satunya pesawat serang ringan yang memiliki U.S. Air Force Military Type Certificate.

A-29 adalah pesawat turboprop yang serbaguna dan bertenaga serta dikenal dengan desainnya yang kokoh dan tahan lama, yang memungkinkannya melakukan operasi dari landasan pacu darurat dan di pangkalan operasi depan di lingkungan yang keras dan medan yang berat.

Pesawat ini telah dipilih oleh 15 angkatan udara di seluruh dunia termasuk Afghanistan untuk memberikan close air support (CAS) dan kemampuan intai yang hemat biaya.

sumber: defpost.com via TSM

Posting Komentar untuk "Amerika Serahkan 4 Pesawat Super Tucano Untuk Afghanistan"