Armenia Punya Kartu AS Rudal Iskander Buatan Rusia, Turki-Azerbaijan Ngeperr

Konflik antara Armenia dan Azerbaijan telah berubah jadi perang terbuka dengan Turki yang ikut campur menyokong Azerbaijan.

Hubungan Turki dengan Armenia memang tidak pernah akur sejak ratusan tahun, puncaknya pada pembantaian massal etnis Armenia di awal revolusi Turki Republik.

Dalam perang ini, Armenia punya senjata pamungkas yang cukup menakutkan, yaitu rudal Iskander (SS26-STone) buatan Rusia.

Ada dua versi rudal, yaitu Iskander-M dan Iskander-E. Rudal Iskander-E tidak digunakan oleh Rusia, namun diekspor ke luar negeri. Iskander-M dioperasikan oleh Angkatan Darat Rusia sejak tahun 2006. Rudal memiliki jangkauan 400 hingga 500 kilometer dan memiliki sistem panduan serta optik.

Rudal mampu membawa hulu ledak hingga 700 kilogram dengan menggunakan kendaraan maneuverable re-entry vehicle (MaRV). Hulu ledak konvensional yang dapat dilengkapi oleh Iskander termasuk hulu ledak cluster, bahan peledak bahan bakar udara, penghancur bunker, dan hulu ledak electromagnetic pulse (EMP).

Dilansir dari Missile Defence Advocacy Alliance, varian Iskander-E memiliki jangkauan 280 km dan kapasitas hulu ledak 480 kg. Iskander-E telah diekspor ke negara-negara seperti Suriah.

Pada 2016, Armenia menjadi pembeli pertama Iskander-E dan memamerkannya pada akhir tahun itu Aljazair kemudian membeli 4 resimen Iskander-E, dengan total 48 TEL dan 120 kendaraan pendukung

Dilansir dari Missile Threat, kedua versi rudal tersebut menggunakan road-mobile TEL yang dapat membawa hingga dua rudal, masing-masing dapat ditargetkan secara independen dan mampu mengubah target dalam penerbangan.

Posting Komentar untuk "Armenia Punya Kartu AS Rudal Iskander Buatan Rusia, Turki-Azerbaijan Ngeperr"